Selasa 13 Sep 2022 14:20 WIB

Pameran Foto Suguhkan Potret Keragaman Muslim di Texas

Keragaman muslim di Texas terekam dalam jepretan foto.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Pameran Foto Suguhkan Potret Keragaman Muslim di Texas. Foto: Komunitas Muslim di Austin, Texas
Foto: VOA
Pameran Foto Suguhkan Potret Keragaman Muslim di Texas. Foto: Komunitas Muslim di Austin, Texas

REPUBLIKA.CO.ID, SAN ANTONIO — Sebuah pameran foto digelar di San Antonio, Texas, Amerika Serikat. Pameran foto ini menyoroti keragaman umat Muslim di Texas. Bertajuk Wajah-wajah Islam, pameran ini menampilkan berbagai potret yang menyoroti keragaman Muslim di Texas. Pameran ini dimulai pada Sabtu pekan lalu di San Antonio di Dock Space Gallery di Lone Star Blvd.

Salah seorang panitia pameran Ramin Samandari, mengatakan  bahwa proyek ini pertama kali dimulai pada saat islamofobia meningkat dan menghasilkan serangkaian karya serupa sebelumnya.

Baca Juga

"Ide proyek ini muncul pada 2016 setelah pemilihan Presiden dan semua retorika anti-Muslim dan anti-imigran datang dari mantan presiden. Pertama saya melakukan seri tentang imigrasi yang didanai dan ditempatkan secara permanen di Institut Kebudayaan Texas. Selanjutnya, saya memulai proyek Faces of Islam," kata Samandari seperti dilansir dilansir iqna.ir pada Selasa (13/9/2022).

Dengan memotret dan mewawancarai Muslim lokal, Samandari ingin menunjukkan kompleksitas populasi Muslim kota. Dengan kata lain, ia bertujuan untuk menampilkan kehidupan orang Texas biasa yang beragama Islam.

 

"Saya ingin menunjukkan kepada komunitas Muslim dalam segala keragamannya dan mengungkap apa artinya menjadi seorang Muslim," jelasnya.

Karena keadaan yang tidak terduga seperti pandemi global, butuh waktu cukup lama hingga pameran tersebut dapat kembali terselenggara.Namun, pada Sabtu pekan lalu lebih dari 50 foto dipajang yang menarik perhatian puluhan penonton, yang dapat mempelajari perjalanan dan pengalaman pribadi setiap individu sebagai seorang Muslim. Karya seni tersebut akan tetap dipajang di San Antonio di Dock Space Gallery hingga akhir September.

"Setelah hampir 3 tahun tertunda karena Covid dan kekurangan dana, saya merasa lega akhirnya bisa mewujudkan proyek ini. Secara keseluruhan, respon baliknya sangat positif dan sangat memuaskan," kata Samandari.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement