Sabtu 06 Aug 2022 21:21 WIB

Perkembangan Teknologi Dorong Majelis Taklim Beradaptasi

Kegiatan dakwah dan pendidikan di majelis taklim harus dikemas secara daring .

Sejumlah warga lanjut usia (lansia) membaca Alquran saat mengikuti Pesantren Ramadhan Lansia di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Rabu (6/4/2022). Pesantren kilat yang digelar oleh Majelis Taklim Pusdai Jawa Barat itu diikuti oleh puluhan lansia untuk mengisi waktu selama Ramadhan dengan belajar mengaji dan wawasan hukum-hukum islam yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto:

Apa fungsi dan peran majelis taklim di tengah kemajuan teknologi dan digitalisasi saat ini?

Majelis taklim berfungsi memberikan pembelajaran di masyarakat.Saya lebih melihat fungsi teknologi kayaknya, yang apakah ini akan memberikan manfaat kepada majelis taklim. Karena memang majelis taklim ini pola pembelajarannya sebetulnya bisa dibilang tradisional.

Antara guru, ustazahnya, dengan murid-muridnya bertemu, tidak terlalu banyak menggunakan peranan teknologi yang canggih, tetapi karena Covid-19 kemarin kita harus juga membiasakan diri memanfaatkan teknologi.

 Sejak itu, banyak majelis taklim mulai terbiasa menggelar pertemuan daring dalam menjalankan program dakwah. Alhamdulillah, ibu-ibu sudah sangat paham, cukup banyak ibu-ibu ataupun jamaah majelis taklim yang sekarang ini sudah bisa menggunakan teknologi, terutama Zoom untuk bisa mengikuti pem belajaran majelis taklim.

Yang kedua juga kita sudah terlebih dulu memperkenalkan, dulu kita pernah ada aplikasi BKMT yang sekarang ini aplikasi tersebut masih under construction untuk kita coba perbaiki dan mulai bisa digunakan oleh ibu-ibu. Karena memang cukup mem bawa manfaat dan untuk BKMT sen diri kita personalize,jadi ini memang belum terlalu diminati, ya karena memang ibu-ibu ini kan, terutama di majelis taklim ini.

Artinya, 80 persen ini 40-50 tahun ke atas.Jadi, memang belum terlalu mampu menggunakan aplikasi, tetapi paling tidak kita sudah bisa memper ke nalkan. Jadi, saya rasa ada hal-hal yang ju ga dapat kita adaptasikan, terutama dalam penggunaan teknologi terhadap kegiatan-kegiatan atau pem belajaran majelis taklim yang diselenggarakan hingga saat ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement