Rabu 20 Jul 2022 05:53 WIB

Muslimah India Hadapi Diskriminasi Pasar Kerja 

India telah mengalami penurunan yang nyata dalam partisipasi perempuan di dunia kerja

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Muslimah India
Foto:

Dalam laporannya, komite tingkat tinggi juga mengindikasikan komunitas Muslim secara keseluruhan tertinggal dari arus utama di sektor sosial, ekonomi dan pendidikan serta kehadiran komunitas dalam pekerjaan pemerintah sangat minim.

Komite tujuh anggota diangkat pada Maret 2005 oleh Perdana Menteri Manmohan Singh saat itu, dan dipimpin oleh mantan Ketua Pengadilan Tinggi Delhi Rajinder Sachar. Laporan tersebut, yang diserahkan oleh komite pada 2006, menyoroti masalah ketidaksetaraan Muslim India, memicu perdebatan yang tengah berlangsung.

Menurut laporan tersebut, partisipasi Muslim secara keseluruhan di departemen dan lembaga pemerintah serikat sangat rendah di semua tingkatan. Tidak ada satu pun negara bagian di mana perwakilan Muslim di departemen-departemen pemerintah menyamai jumlah populasi mereka.

Laporan tersebut mencatat pekerjaan Muslim di universitas, bank dan usaha sektor publik juga rendah. Sementara laporan Led By menyatakan, akses yang sama ke peluang bagi wanita Muslim sangat penting untuk kesetaraan sosial dan keuangan mereka di masyarakat. Selain itu juga mengatasi bias dalam proses perekrutan adalah mekanisme kunci untuk menyamakan kedudukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement