Jumat 15 Jul 2022 21:56 WIB

IHATEC Kerja Sama dengan Lembaga Halal Vietnam

Kerja sama IHATEC dengan VNH lembaga halal Vietnam untuk pelatihan halal

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi halal. Kerja sama IHATEC dengan VNH lembaga halal Vietnam untuk pelatihan halal
Foto: MGROL100
Ilustrasi halal. Kerja sama IHATEC dengan VNH lembaga halal Vietnam untuk pelatihan halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Upaya menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga halal di luar negeri terus dilakukan lembaga pelatihan halal Indonesia Halal Training and Education Center  (IHATEC). 

Setelah beberapa waktu lalu menjalin kerja sama dengan lembaga riset Jepang, Yano Research, kini IHATEC menggandeng lembaga Vietnam National Halal (VNH).

Baca Juga

Kedua lembaga telah menandatangani MoU kerja sama mengenai pelatihan dan jasa konsultasi halal untuk perusahaan Vietnam yang akan memasarkan produknya di Indonesia pada Rabu (13/7/2022) lalu secara virtual.

Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung proses ekspor perusahaan Vietnam ke Indonesia.

Direktur IHATEC, Evrin Lutfika, mengatakan melalui kerja sama ini pihaknya akan memberikan pelatihan dan jasa konsultasi terbaik bagi perusahaan-perusahaan di Vietnam.

“MoU ini mengikat kita untuk sama menggapai tujuan bersama yaitu memfasilitasi perusahaan Vietnam untuk mendapat sertifikat halal dengan mudah dan lancar, tentunya sesuai dengan tugas serta tanggung jawab masing-masing pihak,” ungkap Evrin dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (15/7/2022).  

Atas kerja sama ini, secara khusus Evrin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada VNH. Dia pun menyatakan kesiapannya untuk untuk memberikan pengatahuan kepada perusahaan Vietnam terkait proses sertifikasi halal.

“Kami siap bekerja sama untuk mendukung perusahaan di Vietnam di bidang pengetahuan halal hingga proses sertifikasi halal,” ucap Evrin.

Selain itu, Evrin juga berharap kerja sama ini dapat menguatkan posisi IHATEC menjadi pusat unggulan pelatihan dan edukasi halal baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, Direktur VNH, Tran Van Tan Cuong , enjelaskan bahwa untuk memenuhi persyaratan halal, perusahaan-perusahaan Vietnam harus mengetahui kebijakan, regulasi, dan prosedur proses sertifikasi Halal di Indonesia. Terlebih buat perusahaan-perusahaan baru di Vietnam yang akan mengekspor produknya ke Indonesia.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini VNH dapat melakukan kegiatan workshop atau webinar di bidang halal dengan dukungan penuh IHATEC sehingga dapat mendekati market Vietnam,” kata Tran Van Tan Cuong.

Sebagai informasi, kerja sama antara IHATEC dengan VNH mencakup persiapan pelatihan halal dan jasa konsultasi. Pelatihan khusus untuk klien VNH yang dipersiapkan yaitu HAS Implementation and Halal Supervisor Training.

Sedangkan kerja sama di bidang jasa konsultasi halal meliputi pembuatan dokumen SJPH, persiapan audit, administrasi pendaftaran halal hingga proses Si Halal BPJPH.     

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement