Senin 11 Jul 2022 14:28 WIB

Muslim Nova Scotia di Kanada Kembali Rayakan Idul Adha Bersama 

Masjid Ummah menggelar sholat Idul Adha di luar ruangan pertama kali sejak pandemi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Nova Scotia di Kanada kembali Rayakan Idul Adha Bersama 
Foto:

Inflasi memakan korban

Elsaraiti mengatakan toko tempat dia bekerja telah melihat banyak pelanggannya terkena dampak inflasi, yang mencapai titik tertinggi sejak 1980-an. "Siapa pun yang dulu datang membeli domba utuh, sekarang mereka membeli setengah domba, beberapa kilogram dan sebagainya. Jadi penjualannya turun," katanya.

Elsaraiti mengatakan kondisi ini memicu pemilik toko untuk bekerja dengan pemasoknya, Daging Oulton di Lembah Annapolis, untuk menurunkan harga menjelang Idul Adha. Toko mengubah harga domba dari Rp 164 ribu per pon menjadi kurang dari Rp 150 ribu. 

"[Pemiliknya] berkata, 'Saya akan membantu orang-orang juga. Mereka mengubah harga, dan sekarang orang-orang kembali menggunakannya," ujarnya. 

Perayaan di sekitar provinsi

Tahun ini, Masjid Ummah menggelar sholat Idul Adha di luar ruangan untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai. Yousri mengatakan ribuan orang dari seluruh penjuru datang ke masjid sepanjang hari.

"Lapangan itu penuh dengan saudara perempuan dan laki-laki dan anak-anak yang berkumpul untuk merayakannya," katanya. 

Yousri mengatakan setelah sholat, orang-orang berbagi makanan sementara anak-anak bermain di istana goyang, bertemu keluarga utama dan mengunjungi hewan ternak.  Komunitas juga merayakannya dengan pelayaran pelabuhan dan perjalanan berkemah di Cape Breton pada akhir pekan nanti.

 

"Beda [tahun ini] karena kita bisa kumpul dan silaturahim. Bagi kami, ini adalah momen di mana kami berkumpul dan makan bersama, berbagi, dan mengunjungi. Semua itu tidak mungkin terjadi selama pandemi. Orang-orang telah merindukan ini selama dua tahun sekarang," jelasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement