Ahad 10 Jul 2022 22:45 WIB

Jumlah Hewan Qurban di Masjid Raya Baiturrahman Denpasar 37 Ekor

Jumlah hewan qurban mencapai 37 ekor dengan rincian sapi 3 ekor dan kambing 34 ekor.

Hewan Kurban (Ilustrasi)
Foto:

Sementara itu, di Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali,sekitar seribu warga datang menghadiri Shalat Id bersama yang dimulai jam 7 WITA.Shalat id dipimpin oleh Imam Ustadz Abdurahman dan Khatib Ustadz H.M Sudrajad Al-jalil (38) Muhamad dengan tema mengambil hikmah dari ibadah haji dan kurban.Perayaan Idul Adha di Lumintang,hanya sebatas shalat, sementara penyembelihan hewan kurban dilakukan di masing-masing majelis taklim dan di Mushola.

"Tentu kita mewaspadai wabah PMK yang sedang terjadi di beberapa titik wilayah Bali. Hewan kurban yang kita pilih itu sudah diperiksa sebelumpenyembelihan," kata ustadz Sudrajad.Tindakan sterilisasi kata Sudrajad bertujuan agar hewan kurban yang disembelih sehat dan membawa berkah kepada Allah.Ustad Sudrajad berterima kasih kepada pihak keamanan baik dari kepolisian maupun dari Pecalang di Bali yang berdinas di momen Idul Adha tahun 2022.

"Saya pribadi senang, Alhamdulillah, bisa menunaikan ibadah Idul Adha lagi bersama dengan saudara seiman di Bali. Kami ingin kegiatan ini tetap diadakan pada tahun-tahun yang akan datang," kata Nurmiyati (38) asal Banyuwangi di Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali.

Senada dengan ungkapan Nur, warga, Ahmad Supriadi (32) asal Bandung merasakan suatu kelegaan setelah dua tahun tak mengadakan Shalat Idul Adha."Saya dan keluarga merasa bersyukur karena keadaan sekarang tidak seperti dua tahun yang telah lewat di mana COVID-19 membatasi umat dalam menjalankan ibadat. Kali ini kerinduan kita, Insya Allah terkabul," kata Ahmad.

Shalat id di Lumintangjuga mengusung tema bebas sampah plastik, terbukti banyak umat memakai koran sebagai alas. Setelah dipakai koran-koran tersebut langsung dibawa panitia ke tempat pengumpul barang bekas."Selain untuk kenyamanan umat, kamijuga berharapsetelah shalat tidak ada sampah yang tertinggal," kata Ustadz Sudrajad.

Menurut data yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bali Komang Sri Marheni Shalat Idul Adha di pusat Kota Denpasar, Ahad ini, dilaksanakan di 61 titik.Sri Marheni menyebutkan setidaknya hampir 600 titik pelaksanaan Shalat Idul Adha di seluruh Bali yang tersebar mulai dari musholla, masjid, hingga di lapangan terbuka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement