Ahad 19 Jun 2022 17:45 WIB

Ikuti Kompetisi Internasional Penghafal Quran di AS, Kemenag: Alquran Inspirasi Kemajuan

Alquran adalah inspirasi perubahan dan kemajuan besar bagi umat manusia.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan,  Alquran merupakan sumber inspirasi perubahan dan kemajuan umat manusia. Pesan itu disampaikannya  saat memberi sambutan pada acara The American International Tibyan Competition for the Quran and its Recitations.
Foto: d
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan, Alquran merupakan sumber inspirasi perubahan dan kemajuan umat manusia. Pesan itu disampaikannya saat memberi sambutan pada acara The American International Tibyan Competition for the Quran and its Recitations.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan,  Alquran merupakan sumber inspirasi perubahan dan kemajuan umat manusia. Pesan itu disampaikannya  saat memberi sambutan pada acara The American International Tibyan Competition for the Quran and its Recitations.

“Alquran adalah inspirasi perubahan dan kemajuan besar bagi umat manusia. Di dalamnya memberi kita pemahaman untuk memandang keragaman dalam masyarakat,” kata Dirjen di Washington, Amerika Serikat, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga

Kamaruddin menjelaskan, Alquran menekankan tujuan penciptaan manusia dengan berbeda suku dan bangsa untuk saling mengenal dan menghormati satu sama lain.

“Pesan Alquran itu menjadi pondasi umum sebagai landasan hidup umat Islam, baik sebagai individu maupun sebagai umat yang melingkupi seluruh dimensi kehidupan manusia,” paparnya.

Dikatakannya, Alquran tidak cukup sekadar dibaca secara tekstual, Alquran juga harus dipahami, dihayati, serta diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pertama kali wahyu diturunkan, Allah memerintahkan bacalah (iqra’). hal itu bukti bahwa Alquran mendorong manusia untuk belajar, mengembangkan potensi diri, dan mengimplementasikan pada perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai Alquran," urainya.

“Maka pelaksanaan The American International Tibyan Competition for the Quran and its Recitations ini menjadi salah satu cara menyebarluaskan fungsi edukatif Alquran bagi umat manusia, khususnya umat Islam di dunia,” tuturnya.

Dia berharap, kegiatan yang diikuti 25 delegasi dari berbagai negara tersebut bisa menjadi inspirasi negara-negara lainnya. “Kami juga berharap kegiatan seperti ini terus kita lestarikan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Alquran,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement