Selasa 14 Jun 2022 08:36 WIB

Bay Ridge: Rumah Bagi Komunitas Arab Muslim di Brooklyn, New York

Bay Ridge kebanyakan diisi warga Arab dari Yaman, Mesir, dan Palestina.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Jam dinding menunjukkan jadwal shalat terpampang di Gedung Muslim Community Center di daerah Bay Ridge, Brooklyn di New York. Bay Ridge: Rumah Bagi Komunitas Arab Muslim di Brooklyn, New York
Foto:

Menurut Rimawi, orang Arab pertama di daerah itu adalah orang Kristen yang datang pada 1960-an dan 1970-an, disusul Muslim pada 1980-an. Selama periode ini, Rimawi bersama beberapa orang lainnya berkumpul dan mendirikan beberapa masjid. 

Salah satunya di Atlantic Avenue, yang disebut Masjid Al-Farooq. Tapi masjid utama di Bay Ridge adalah Islamic Society of Bay Ridge, juga dikenal sebagai Masjid Musab bin Umair, seperti nama sahabat Nabi Muhammad.

Setelah masjid didirikan, umat Islam mulai pindah ke lingkungan dalam jumlah yang lebih besar. Al-Noor, sekolah Islam terbesar di New York, juga didirikan oleh Rimawi dan rekan-rekannya.

Meskipun saat ini banyak Muslim dari Bay Ridge bersekolah dengan aman, semuanya tidak selalu mulus. Pada satu titik, menurut Rimawi, orang-orang melempar botol bir dan babi ke madrasah.

“Saat itu, kami masih muda. Tidak ada yang mengenal kami karena kami tidak punya cukup uang. Orang-orang melihat kami seperti, 'Siapa orang gila ini? Mereka ingin membuka sekolah dan tidak punya cukup makanan untuk dimakan,'" kata Rimawi kepada Middle East Eye.

Hari ini, Muslim adalah bagian mapan dari komunitas Bay Ridge dan telah mengembangkan ikatan yang kuat dengan orang lain di daerah tersebut.

 

Terlepas dari perjuangan awal, Rimawi percaya upaya komunitas itu sepadan dan telah memungkinkan komunitas Arab di daerah itu fokus pada proyek yang lebih ambisius. Rencana untuk Pusat Pengembangan Masyarakat Bay Ridge (BRCDC) sedang dalam tahap akhir dan fasilitas tersebut akan segera dibuka.

photo
Relawan Ahmad Soliman (33 tahun) (kiri) membagikan makanan bagi warga yang membutuhkan di lingkungan Bay Ridge, Brooklyn, New York, Amerika Serikat (AS), 29 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadhan. - (AP Photo/Wong Maye-E)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement