Rabu 08 Jun 2022 13:56 WIB

Calhaj dari Barat Wajib Daftar Secara Online

Calon jamaah haji sekarang harus mengajukan permohonan kuota atau slot.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Jamaah Haji Ilustrasi
Foto:

Sampai saat ini, Kerajaan Saudi belum merilis harga paket untuk jamaah haji internasional. Tetapi, mereka mengatakan biaya yang disampaikan nanti akan mencakup harga penerbangan dan akomodasi.

Masih belum jelas apa yang mendorong Kerajaan untuk mengubah prosesnya begitu dekat dengan dimulainya musim haji. Tetapi, langkah ini bisa membuka peluang peziarah yang telah menunggu sejak pandemi akan kehilangan kesempatan melaksanakan haji.

Untuk menjamin kuota ibadah haji, banyak jamaah yang menitipkan deposito pada agen perjalanan di negaranya masing-masing. Namun sejak pengumuman itu, banyak agen yang mengembalikan uangnya.

Peziarah biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mempersiapkan ritual keagamaan yang terkait dengan haji, serta menghadiri seminar atau manasik untuk memastikan haji dilakukan dengan benar.

Pada April lalu, Arab Saudi mengumumkan mereka akan membuka kembali haji, tetapi hanya mengizinkan satu juta peziarah yang telah divaksinasi tiga kali dan berusia di bawah 65 tahun untuk hadir.

Pengumuman tersebut membuat agen perjalanan memulai paket iklan yang berkisar dari 7.000 hingga 10.000 dolar AS.

Satu bulan setelahnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris Khalid bin Bandar al-Saud mengatakan kepada anggota parlemen dari All-Party Parliamentary Group tentang haji dan umrah. Di dalamnya, ia memberi tahu calon jamaah untuk menghubungi agen perjalanan dan mengklaim pengembalian dana.

Pangeran Khalid juga mengatakan kepada anggota parlemen untuk meminta pengembalian uang kepada agen perjalanan Inggris dari mitra lokal mereka di Saudi, jika mereka telah meletakkan deposit di hotel atau pengelola transportasi. 

Sistem baru ini datang beberapa bulan setelah agen perjalanan di Eropa, Amerika dan Australia dibiarkan dalam kegelapan oleh Kementerian Haji di Arab Saudi. Mereka tidak diberitahu jumlah kuota yang dialokasikan untuk mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement