Selasa 26 Apr 2022 16:24 WIB

YKS Santuni Seluruh Yatim dan Janda di Kampung Parung Bingung, Depok

Santunan itu diterima 192 yatim, serta 503 janda dan dhuafa.

Yayasan Kesejahteraan Sosial (YKS) memberikan santunan kepada seluruh anak yatim serta janda dan dhuafa di  Kampung Parung Bingung, Depok, Selasa (26/4).
Foto: Dok YKS
Yayasan Kesejahteraan Sosial (YKS) memberikan santunan kepada seluruh anak yatim serta janda dan dhuafa di Kampung Parung Bingung, Depok, Selasa (26/4).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Yayasan Kesejahteraan Sosial (YKS) yang beralamat di Kampung Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, kembali menggelar santunan untuk yatim serta janda dan dhuafa. Kegiatan pemberian Santunan Idul Fitri 1443 H  itu diadakan di Aula Gedung YKS 1 Parung Bingung, Selasa (26/4).

“YKS menyantuni seluruh yatim, janda dan dhuafa se-Kampung Parungbingung. Santunan Idul Fitri 1443 H itu diberikan kepada 192 anak yatim, serta 503 janda dan dhuafa,” kata Ketua Panitia Pelaksana Santunan Idul Fitri 1443 H YKS, H  Nur Hasan dalam rilis yan diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, yatim yang disantuni mulai umur pra-sekolah sampai dengan SLTA. Sedangkan  janda atau manula dan dhuafa  berumur 55 sampai dengan  90 tahun.  “Tujuan acara santunan yatim adalah untuk menyejahterakan dan membahagiakan  anak-anak yatim dan yatim piatu, agar jangan tertinggal dari anak-anak  yang punya bapak,” ujarnya.

Nur Hasan menjelaskan, santunan untuk yatim terdiri dari beras, sembako, daging, uang pakaian dan uang saku. Sementara santunan untuk janda dan dhuafa  berupa  beras dan daging. “Adapun sumber dana kegiatan santunan tersebut sebanyak 56 persen ditopang oleh masyarakat Kampung Parung  Bingung, dikumpulkan melalui RT. Sisanya dari derma umum,” ungkapnya.

Sebelum menerima santunan, anak-anak yatim serta janda dan dhuafa mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Nasrulloh HA SPd. Ia menegaskan tentang pentingnya pendidikan agama dan cara  berorganisasi sesuai masing-masing jenjqng.

photo
Sebelum menerima santunan dari YKS, anak-anak yatim serta janda dan dhuafa mendengarkan tausiyah.  (Foto; Dok YKS)

Ketua YKS Ujang Tajuddin mengatakan, YKS memberikan santunan rutin kepada anak-anak yatim se-Kampung Parung Bingung  dua  kali dalam setahun. Yakni,  pada setiap tanggal  10 Muharram dan Idul Fitri. Selain itu, ada pula pemberian  santunan tidak rutin yang diberikan sewaktu-waktu.

Yang tidak  kalah pentingnya, kata dia, YKS menanggung biaya pendidikan seluruh anak yatim se-Kampung Parung Bingung. “Biaya pendidikan anak-anak yatim ditanggung oleh YKS dari jenjang PAUD sampai tamat SLTA. Demikian pula seragam sekolah diberikan secara gratis,” kata Ujang Tajuddin.

Bahkan, Ujang menambahkan,  lima  tqahun belakangan ini YKS   sudh mulai membantu anak-anak yatim yang meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. “Saat ini, sudah ada enam anak yatim binaan YKS yang sudah lulus pendidikan sarjana,” tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement