Selasa 19 Apr 2022 07:56 WIB

Peserta Beasiswa Cendekia Baznas Gelar Kegiatan Berbagi Takjil dan Buka Puasa Bersama

Pembinaan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program beasiswa Baznas

Mahasiswa peserta Beasiswa Cendikia Baznas  (BCB) IAIN Metro Lampung  menggelar kegiatan berbagi takjil pada Ahad(17 /4).
Foto: Dok Baznas
Mahasiswa peserta Beasiswa Cendikia Baznas (BCB) IAIN Metro Lampung menggelar kegiatan berbagi takjil pada Ahad(17 /4).

REPUBLIKA.CO.ID, PALOPO -- Akhir pekan panjang di pertengahan Ramadhan 1443,  para mahasiswa Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) di berbagai univeristas dan kota melakukan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Ramadhan. Ada yang membagikan takjil, menggelar buka puasa bersama (bukber), mengikuti bimbingan imtek, hingga disksusi online. 

Mahasiswa Beasiswa Cendekia Baznas  (BCB) IAIN Palopo, Sulawesi Selatan,  mengikuti Bimtek Penyuluhan Zakat oleh Pimpinan Baznas  Kota Palopo.  Kegiatan ini dilanjutkan  dengan Safari Ramadhan di Masjid Latuppa, IAIN Palopo.

Dari Gedung Rektorat Kampus Bukit Indah Universitas Malikussaleh,  Aceh Utara, mahasiswa BCB Universitas Malikussaleh berdiskusi dengan founder OLG Indonesia, Muhammad Nasir.

Sementara itu  peserta Beasiswa Cendikia Baznas IAIN Metro Lampung  menggelar kegiatan berbagi takjil pada Ahad(17 /4).  Acara pembagian takjil di gelar di trafik light (lampu merah) Taman Merdeka Kota Metro dengan sasaran para pengendara yang melintas diwilayah Kota Metro. Kisah mereka selengkapnya tayang di  https://www.metrouniv.ac.id/news/jelang-nuzulul-quran-mahasiswa-penerima-beasiswa-baznas-berbagi-takjil/   

“Kegiatan berbagi takjil yang digagas oleh para mahasiswa peserta Beasiswa Cendekia  Baznas  adalah sebagai upaya menebar keberkahan dan berbagi di bulan suci tahun ini,” kata Kepala Lembaga Beasiswa Baznas Sri Nurhidayah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (18/4).

Aktivitas buka puasa bersama pun marak dilakukan oleh para peserta beasiswa Baznas lainnya. Mahasiswa BCB Unair  berbagi dan berbuka bersama dengan adik - adik kampung nelayan Surabaya. Sementara kolaborasi BCB UIN Suska Riau, Universitas Islam Riau, dan Universitas Riau berbuka bersama adik-adik di panti asuhan.

Pertemuan dan diskusi online juga dilaksanakan BCB Universitas Muhammadiyah Jakarta  tentang Pentingnya ZIS (Zakat Infaq Shadaqah)  Bagi Wirausaha. Kajian online juga dilaksanakan BCB Universitas Jember.

“Akhir pekan produktif bersama para mentor. Alhamdulillah,” ujar Sri Nurhidayah.

Ia menjelaskan, pembinaan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program beasiswa Baznas. “Saat ini terdapat 1.608 peserta  Beasiswa Cendekia Baznas  dari 98 kampus yang tersebar di Indonesia. Baznas  pada April 2022 mengelola 8.159 peserta dari berbagai ragam beasiswa,” ungkapnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement