Selasa 22 Mar 2022 14:17 WIB

Rally Jameel, Satu-satunya Ajang Motorsport Khusus Wanita Arab Saudi

Rally Jameel memiliki rute sejauh 300 kilometer.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Salah satu ajang motorsport khusus wanita pertama di Arab Saudi, Rally Jameel, telah berlangsung di Kerajaan. Rally Jameel, Satu-satunya Ajang Motorsport Khusus Wanita Arab Saudi
Foto:

"Saya punya hak untuk melakukannya (mengemudi), dan saya melakukannya, dan tidak ada yang mencegah saya," kata Akeel, menggemakan pernyataan Hambazza. Saya tidak yakin apakah mereka setuju dengan itu, tetapi luar biasa bahwa orang-orang mendukung saya."

Akeel mengendarai Toyota Land Cruiser dan Hambazza mengendarai mobil bermerek MG. Disponsori oleh MG Taajeer Group, serta perusahaan seperti Ceramic Pro, Saudi Auto, dan Saudia Cargo.

Menurut aturan, pembalap akan berlomba dalam tim terdiri dua orang dengan mobil yang tidak dimodifikasi. Kendaraan harus mempunyai kemampuan penggerak empat roda atau semua roda. Tim dari Uni Emirat Arab dan Oman mewakili GCC secara keseluruhan. Kedua pebalap tersebut telah berlatih mental dan fisik untuk persiapan reli yang akan melibatkan 34 tim dari 15 negara.

Hambazza mengatakan dia menghabiskan dua hingga tiga jam sehari berlatih di gurun Dahaban dan Asfan untuk mengenal lingkungan dan meningkatkan keterampilan navigasinya, merupakan sangat penting bagi Rally Jameel. Sepanjang acara, tim yang terdiri dari dua orang akan mengurus semua perawatan yang berhubungan dengan mobil. Peralatan pelacak kendaraan penyelenggara memberi Akeel rasa aman.

"Semua orang mengetahui lokasi Anda. Mereka dilengkapi dengan alat pelacak. Jadi Anda tidak pernah tersesat atau terisolasi, bahkan jika Anda tidak melihat siapa pun atau apa pun," jelasnya.

Akeel berfokus pada dua jenis Latihan, yakni kardio dan yoga. Dia berkata menguasai acara reli off road atau lintas negara membutuhkan kejernihan mental, stamina, dan daya tahan.

Pos pemeriksaan dan penanda tersembunyi ditempatkan di sepanjang rute untuk memastikan semua mobil mengikuti rencana perjalanan yang direncanakan. Setiap peserta nasional atau internasional yang berusia di atas 18 tahun dengan SIM Arab Saudi yang masih berlaku dipersilakan untuk berpartisipasi dalam reli. Upacara pembukaan diadakan di Istana bersejarah Al-Qashla di kota Hail dan diawasi oleh Pangeran Salam, Pangeran Abdulaziz bin Saad.

 

https://english.alarabiya.net/News/gulf/2022/03/18/Rally-Jameel-Exclusive-look-into-Saudi-Arabia-s-women-only-motorsport-event

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement