Kamis 10 Mar 2022 17:30 WIB

Vogue Hapus kata 'Palestina' dari Unggahan Donasi Gigi Hadid

Vogue mengubah keterangannya di Instagram pada hari berikutnya.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Model Gigi Hadid memeragakan busana Chanel di Paris Fashion Week. Vogue Hapus kata Palestina dari Unggahan Donasi Gigi Hadid
Foto: AP
Model Gigi Hadid memeragakan busana Chanel di Paris Fashion Week. Vogue Hapus kata Palestina dari Unggahan Donasi Gigi Hadid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majalah Vogue menghapus kata 'Palestina' dari unggahan di Instagram-nya terkait berita pengumuman supermodel Gigi Hadid yang ingin memberikan sumbangan ke Palestina.

Sebelumnya, Gigi Hadid mengunggah pengumuman dirinya akan menyumbangkan penghasilannya dari peragaan busana Pekan Mode Musim Gugur 2022 di Paris Fashion Week untuk membantu mereka yang menderita akibat perang di Ukraina, serta terus mendukung mereka yang mengalami hal sama di Palestina.

Baca Juga

Supermodel ini mengunggah berita tentang donasinya kepada 73 juta pengikutnya di Instagram. Pengumuman Gigi ini datang sehari setelah saudara perempuannya, model Bella Hadid, berbicara menentang diskriminasi dan standar ganda dalam liputan media tentang konflik di seluruh dunia.

"Saya berjanji menyumbangkan penghasilan saya dari peragaan busana Musim Gugur 2022 untuk membantu mereka yang menderita akibat perang di Ukraina, serta terus mendukung mereka yang mengalami hal yang sama di Palestina," tulis Gigi Hadid di Instagram miliknya.

 

"Jangan Ganggu Ukraina. Jangan Ganggu Palestina. DAMAI. DAMAI. DAMAI," kata Hadid di akhir postingannya saat mengumumkan niatnya tersebut.

Dilansir di Middle East Monitor, Kamis (10/3/2022), Vogue meliput pengumuman model keturunan Palestina-Belanda ini dalam sebuah artikel berjudul "Gigi Hadid Menyumbangkan Penghasilannya di Bulan Fashion untuk Bantuan Ukraina." Awalnya, majalah tersebut hampir seluruhnya mengutip takarir (caption) Instagram Hadid, termasuk keputusan menyumbangkan penghasilannya ke Palestina.

Vogue mempromosikan artikel tersebut di Instagram resminya dengan sebuah postingan yang tulisannya awalnya dimulai sebagai berikut: "Hari ini, @Gigihadid mengumumkan bahwa dia akan menyumbangkan semua pendapatan bulan modenya untuk upaya bantuan di Ukraina, serta terus mendukung mereka yang mengalami hal sama di Palestina."

Namun, Vogue mengubah keterangannya di Instagram pada hari berikutnya dengan menghapus referensi apapun ke Palestina. Cerita (story) Vogue yang sebenarnya juga diedit untuk menghapus komentar Hadid "HANDS OFF UKRAINE. HANDS OFF PALESTINE. PEACE. PEACE. PEACE."

Namun demikian, Vogue belum menjelaskan keputusannya menghapus Palestina dari pemberitaannya. Situs blog Amerika Gawker menyebutkan  teks asli yang menyertakan Palestina dibombardir dengan tuduhan anti-Semitisme atas penyebutan Palestina.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement