Kamis 10 Mar 2022 05:05 WIB

Tempat Penampungan Muslim Pertama Direncanakan Dibuat di Winnipeg

Tempat penampungan Muslim menawarkan layanan transisi untuk wanita dan anak.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah. Tempat Penampungan Muslim Pertama Direncanakan Dibuat di Winnipeg
Foto:

"Yang paling penting adalah memberi perempuan dan anak-anak ini tempat tinggal yang aman dan terjamin sehingga mereka dapat pulih dari trauma mereka dan kemudian melanjutkan hidup mereka sendiri dan sepenuhnya mandiri," katanya.

Chaudhry mengatakan organisasinya telah mendengarkan cerita mengejutkan dari wanita Muslim yang meninggalkan tempat penampungan lain. Dia mendengar dari wanita Muslim yang jilbabnya dilepas dan yang menghadapi komentar Islamofobia dari staf dan penduduk di tempat penampungan tersebut.

Dia juga mendengar tentang wanita yang tidak diberi tempat untuk sholat selama Ramadhan, dan mereka yang tidak bisa makan karena dapur ditutup pada jam-jam yang mereka bisa. Direktur Eksekutif Asosiasi Layanan Sosial Islam, Shahiha Siddiqui, mengatakan dia telah menemukan cerita serupa.

"Para wanita memilih tetap berada dalam hubungan kekerasan daripada pergi ke tempat penampungan di mana mereka tidak merasa nyaman atau risih, atau makanan mereka dan kebutuhan lainnya tidak terpenuhi. Dan tentu saja, Islamofobia menambahkan lapisan ketidakpercayaan lainnya," kata Siddiqui dalam sebuah wawancara telepon dengan CBC News.

Siddiqui mengatakan dia berharap tempat perlindungan bagi wanita Muslim dan anak-anak bisa sampai ke Winnipeg lebih cepat. Proyek baru ini adalah permulaan. Langkah selanjutnya untuk proyek ini adalah mencari dana dari sumbangan amal dan pemerintah provinsi.

"Saya senang dan saya berharap dan saya berharap sekarang lebih banyak wanita akan maju karena mereka tahu mereka memiliki tempat untuk pergi, yang secara budaya dan spiritual sesuai dengan kebutuhan mereka," tambahnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement