Senin 07 Mar 2022 18:15 WIB

Aman Palestin Indonesia Gelar Program Ramadhan Bersama 2022

Aman Palestin menargetkan penggalangan dana sebesar Rp 3.260.056.000

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Direktur Aman Palestin-Indonesia Miftahuddin Kamil menyampaikan keterangan pers program Ramadhan 1443 H di Kota Bandung, Senin (7/3/2022). Adapun program Ramadhan 1443 H Aman Palestin yaitu Hidangan iftar atau takjil, hadiah hari raya, tabungan Ramadhan, sedekah subuh, pahala 1000 bulan dan roadshow Ramadan Bersama.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Direktur Aman Palestin-Indonesia Miftahuddin Kamil menyampaikan keterangan pers program Ramadhan 1443 H di Kota Bandung, Senin (7/3/2022). Adapun program Ramadhan 1443 H Aman Palestin yaitu Hidangan iftar atau takjil, hadiah hari raya, tabungan Ramadhan, sedekah subuh, pahala 1000 bulan dan roadshow Ramadan Bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lembaga kemanusiaan Aman Palestin Indonesia kembali menggelar program kampanye Ramadhan Bersama tahun 2022 dengan target penggalangan dana sebesar Rp 3.260.056.000. Program yang akan dilaksanakan yaitu berbagi ifthar dan sahur, hadiah hari raya, tantangan sedekah subuh, pahala 1.000 bulan memakmurkan Al Aqsa dan tabung Ramadhan Kareem.

Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kamil mengatakan kegiatan Ramadhan Bersama tahun 2022 merupakan kampanye rutin yang dilaksanakan untuk membantu umat muslim di Palestina dan sekitarnya yang akan menjalankan puasa Ramadhan. Selain itu safari Ramadhan akan dilaksanakan di 100 titik masjid di Kota Bandung dan Yogyakarta.

Baca Juga

"Harapan kami bangsa Indonesia tetap memberikan cinta kepada Palestina dan Al- Aqsa dengan program Ramadhan Bersama," ujarnya saat konferensi pers di Kota Bandung, Senin (7/3/2022). Ia mengatakan hasil pengumpulan dana akan dikirim ke Palestina dan sekitarnya.

Pada tahun 2021, ia menuturkan program Ramadhan Bersama di enam negara yaitu Palestina, Suriah, Yaman, lebanon, Malaysia dan Indonesia telah mengumpulkan dana mencapai total Rp 25 miliar lebih. Dengan jumlah penerima manfaat mencapai 107.768 kepala keluarga.

Sedangkan pada tahun 2022, target penggalangan dana Aman Palestina di enam negara tersebut total mencapai Rp 58 miliar dengan target sasaran penerima manfaat mencapai 200 ribu kepala keluarga. Sasaran penyaluran global minimal mencapai Rp 34 miliar.

"Kampanye rutin tiap tahun Ramadhan Bersama kita ingin membantu saudara di Palestina, Syria, Yaman, Lebanon dan masyarakat muslim di Indonesia dan Malaysia," katanya.

Executive Marketing Program Aman Palestin Indonesia Ridwan Kamaludin mengatakan bagi masyarakat yang ingin menjadi donatur untuk program ifthar dan sahur bisa menyumbang dana Rp 50 ribu. Sedangkan untuk program hadiah hari raya bisa menyumbang Rp 150 ribu.

Selain itu donatur dapat menyumbangkan Rp 10 ribu untuk program tabung Ramadhan Kareem. Program tantangan sedekah subuh bisa ikut menyumbang tiap hari sebesar Rp 10 ribu selama Ramadhan dan pahala 1.000 bulan dengan menyumbang Rp 500 ribu.

"Di Indonesia kami memiliki target Rp 3 miliar," katanya. Pihaknya menargetkan program ifthar dan sahur bisa mendapatkan 12.404 donatur, program hadiah hari raya 1.241 donatur, tantangan sedekah subuh 1.449 donatur, pahala 1.000 bulan 2.799 donatur dan tabung Ramadhan Kareem 62.013 donatur.

Selain itu pihaknya akan melakukan roadshow selama bulan Ramadhan untuk mengisi kajian di berbagai masjid, instansi maupun lainnya. Pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut secara free.

"Kami mengimbau kepada jamaah yang ingin membersamai kami disilahkan. Kita mengkolektifkan bersma semua donasi, kita akan menyebar ke enam negara dan paling besar ke Palestina," katanya.

Ia menyebut selain bantuan yang paling besar ke Palestina pihaknya juga memberikan bantuan ke pengungsi Suriah di Lebanon. Termasuke Yaman yang mengalami krisis dan kelaparan selanjutnya ke Malaysia dan Indonesia.

Penasehat Aman Palestin Indonesia Rizal Fadillah mengatakan pihaknya terus berupaya secara berkelanjutan menggalang kesadaran masyarakat untuk peduli dan mendukung agar Palestina merdeka. Pihaknya memiliki misi untuk membebaskan Masjid Al Aqsa dari pengendalian Zionis Israel.

"Program Ramadhan Bersama akan terus dilaksanakan. Silaturahmi ke masjid untuk meningkatkan persaudaraan," ungkapnya. Termasuk melakukan sosialisasi kepada pemerintahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement