Selasa 22 Feb 2022 00:14 WIB

Komunitas Muslim Kanada Buat Program Pembiayaan Rumah Syariah

Komunitas Muslim Kanada membuat program pembiayaan rumah syariah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Penampakan masjid Al Rashid Kanada terkini.
Foto:

Setiap transaksi ditinjau oleh panitia Fatwa Al Rashid sebelum pembiayaan dilakukan. Omar mengatakan, program serupa ada di bagian lain Kanada tetapi di Alberta mereka tidak memiliki persetujuan yang sama dan pengawasan ketat dari para pemimpin Muslim.

"Saya sudah menyewa sejauh yang saya ingat. Akhirnya, saya bisa bernafas dan saya bisa menikmati dan saya bisa berkata, 'Tahukah Anda? Sekarang saya bisa memiliki rumah sendiri, menjaga iman saya, dan saya tidak harus terlibat dengan riba, dengan bunga'," tutur dia. Program ini hanya beroperasi di Alberta untuk saat ini, tetapi telah memproses ratusan aplikasi.

Al Rashid telah bekerja selama bertahun-tahun untuk menemukan kendala pembiayaan yang telah mencegah Muslim membeli rumah. Bersama dengan Thomas Lukaszuk dan John Stainton, masjid mengembangkan program yang sesuai dengan hukum Syariah.

Lukaszuk, mantan MLA dan wakil perdana menteri, dan Stainton, seorang pengacara, adalah eksekutif utama di perusahaan pembiayaan. "Akhirnya kami memiliki keluarga yang bukan penyewa seumur hidup. Mereka sekarang bisa mewariskan rumah kepada anak-anak mereka dan memiliki rasa bangga memiliki rumah sendiri," kata Lukaszuk.

 

Tidak seperti perjanjian dengan bank di mana pembayaran yang gagal berulang kali akan menyebabkan penyitaan, dia mengatakan, perusahaan memiliki proses mediasi melalui pemimpin spiritual untuk menyelesaikan masalah. "Tantangan terbesar kami saat ini bukanlah pemrosesan dan pembiayaan tetapi sebenarnya klien kesulitan menemukan rumah di pasar karena ada kekurangan," kata Lukaszuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement