Senin 21 Feb 2022 18:08 WIB

Gus Miftah: Lakon Wayang Domain Dalang, Bukan Urusan Saya

Gus Miftah menjelaskan pertunjukan wayang tersebut permintaan dari para seniman.

Rep: Mabruroh/Alkhaledi Kurnialam/Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Pimpinan Pesantren Ora Aji, Gus Miftah. Kritik Pertunjukan Wayang, Gus Miftah: Lakon Wayang Domain Dalang, Bukan Urusan Saya
Foto:

Dia mengaku sebenarnya tidak sependapat dengan Ustadz Khalid terkait hukum wayang. Namun, perdebatan soal wayang ini memang sudah ada sejak lama yang tidak perlu dibesar-besarkan. 

"Isu lama sebenarnya ini, hanya kemudian dikemukakan Khalid Basalamah, tapi dari zaman dahulu juga ada yang begitu (perdebatan soal wayang)," ungkapnya. 

Warganet membanjiri akun media sosial  Gus Miftah setelah ia menggelar pertunjukan wayang di Pondok Pesantren Ora Aji dengan Dalang Ki Warseno pada Jumat (18/2/2022).  dalam pertunjukan, Dalang Ki Warseno memainkan sebuah wayang yang penggambarannya mirip sosok Ustadz Khalid Basalamah. 

Tampilan wayang itu memiliki wajah yang mirip Ustadz Khalid dengan jenggot dan memakai baju jubah panjang berwarna merah jambu dengan peci warna senada. Tindakan tersebut menuai kritik dan hujatan warganet terhadap Gus Miftah. Ada yang menyebut tindakan Gus Miftah justru membuat budaya wayang terlihat negatif dan menyerang pribadi orang.

“Ini wayang apa? Justru dengan kejadian kemarin itu harusnya wayang makin dilestarikan ke arah yang positif, bukan malah bikin wayang buat nyerang pribadi orang,” cuit akun @qalsrama.

Warganet lain mengatakan tindakan yang dilakukan Gus Miftah tidak tepat dan tidak akademis terhadap polemik wayang. “Menjijikan, sangat tidak cerdas cara menyikapinya dan alay. Tidak akademisi banget. Harusnya kalau beda pendapat bantah pake pendapat dengan sumber lagi, bukan dengan sindiran dan dengan kata-kata kasar kayak gini,” tulis @blissinapril.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement