Rabu 09 Feb 2022 03:33 WIB

Masjid di Illinois AS Siap Tampung Gelombang Pengungsi Afghanistan

Masjid-Masjid di Illinois AS siap menampung gelombang pengungsi Afghanistan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid di Amerika Serkat
Foto:

Beberapa masjid di pinggiran kota, termasuk Islamic Foundation North di Libertyville dan Islamic Foundation of Villa Park, menyambut anak-anak di bawah umur untuk salat Jumat dan sekolah Islam akhir pekan. Ribuan warga Afghanistan meninggalkan negara mereka di tengah gejolak musim gugur lalu setelah penarikan pasukan AS dan pengambilalihan Taliban.

Selama hampir enam bulan, mereka telah ditempatkan di pangkalan militer AS menunggu visa dan sekarang dipindahkan ke seluruh negeri di mana mereka dapat menemukan tempat tinggal permanen dan pekerjaan.

Illinois telah menerima 1.400 pengungsi Afghanistan dan mengharapkan 400 lagi dalam dua gelombang masing-masing 200 orang. Mereka akan tiba dengan pemberitahuan 24 hingga 72 jam dari Departemen Keamanan Dalam Negeri AS dan Departemen Layanan Kemanusiaan Illinois. 

Gugus Tugas Pengungsi Afghanistan CIOGC mengoordinasikan upaya untuk menyediakan tempat tinggal, makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya di berbagai lokasi. Masjid anggota CIOGC, termasuk Islamic Foundation North of Libertyville, Islamic Foundation of Villa Park, Islamic Center of Naperville, Islamic Community Center of Des Plaines dan Masjid Rahmah, akan menerima, mensponsori, atau membantu menemukan perumahan transisi bagi keluarga pengungsi. dan mengumpulkan sumbangan makanan, pakaian dan perlengkapan lainnya.

 "CIOGC akan memberikan pelatihan kompetensi budaya untuk mereka. Kami akan memberi mereka semua dukungan manajemen kasus. Organisasi-organisasi ini (sekarang) sedang membangun kapasitas untuk menerima para pengungsi ini ketika mereka tiba," kata Khan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement