Selasa 08 Feb 2022 13:34 WIB

Klinik Gratis Fakir Miskin BAZNAS Terbakar, Layanan Kesehatan Terus Berjalan

Fokus utama BAZNAS adalah bagaimana fakir miskin tetap bisa terlayani dengan baik

Kebakaran melanda lantai 4 Klinik Layanan Gratis Rumah Sehat BAZNAS di Jalan Kampung Melayu Besar, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, pada Senin (7/2/2022) sekitar pukul 23.40 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
Foto: dok. BAZNAS
Kebakaran melanda lantai 4 Klinik Layanan Gratis Rumah Sehat BAZNAS di Jalan Kampung Melayu Besar, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, pada Senin (7/2/2022) sekitar pukul 23.40 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kebakaran yang melanda Klinik Layanan Gratis Fakir Miskin BAZNAS pada Senin (7/2/2022) tak membuat layanan kesehatan kepada mustahik terhenti. Wakil Ketua BAZNAS, Mo Mahdum, menyebut BAZNAS bergerak cepat mengupayakan agar layanan kesehatan para mustahik bisa kembali normal.

"BAZNAS bergerak cepat agar pelayanan kesehatan gratis kepada fakir miskin terus berjalan maksimal. Kami mengupayakan lokasi sementara untuk beroperasi yakni di lobi Klinik Layanan Kesehatan Gratis Rumah Sehat BAZNAS. Kami berharap pelayanan kesehatan bisa terus berjalan," kata Mahdum di Jakarta, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga

Mahdum menuturkan hingga kini proses pembersihan terus dilakukan tim terkait. Diupayakan dalam beberapa hari ke depan gedung bagian dalam kembali bisa digunakan mengingat hanya lantai 4 yang terbakar. Menurut Mahdum, kesehatan gratis kepada fakir miskin harus diutamakan dan dicari solusinya segera sebagai bentuk komitmen BAZNAS dalam melayani umat di berbagai aspek, termasuk kesehatan.

Setiap harinya, Klinik Gratis Fakir Miskin Rumah Sehat BAZNAS ini memberikan layanan gratis bagi 40 hingga 60 pasien dari keluarga fakir miskin. "Api melahap lantai 4 gedung Layanan Klinik Gratis Fakir Miskin BAZNAS. Di sana ada berbagai alat kesehatan dan obat-obatan. Lantai 1 dan 2 aman dari api. Solusi terbaik terus kami upayakan sejak malam tadi agar krisis ini tidak berkepanjangan," kata Mahdum.

 

"Pada intinya fokus utama BAZNAS adalah bagaimana fakir miskin tetap bisa terlayani dengan baik dari sisi kesehatannya," lanjutnya.

Kebakaran melahap lantai 4 Klinik Gratis Fakir Miskin BAZNAS yang biasa melayani kesehatan para masyarakat fakir miskin. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Empat orang petugas yang berjaga dapat diselamatkan dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Petugas damkar sigap melakukan pemadaman sehingga api tidak menjalar ke tempat lain. Yang terbakar di lantai 4. Sementara untuk lantai 1, 2, 3, dan 5 tidak terbakar. BAZNAS Tanggap Bencana turut memberikan bantuan untuk mengevakuasi korban," kata Tim penyelamat dari BAZNAS Tanggap Bencana Dede Nurjaman di lokasi kejadian.

Lantai 4 Klinik Gratis Fakir Miskin BAZNAS ini digunakan sebagai lokasi pemberian layanan kesehatan gratis selama 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement