Rabu 26 Jan 2022 15:07 WIB

Konsultan Bioetis Medis Saudi Sebut Islam Bolehkan Transplantasi Organ Hewan ke Manusia

Menurutnya, dalam Islam, menyelamatkan nyawa manusia adalah hal terpenting.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi dokter. Konsultan Bioetis Medis Saudi Sebut Islam Bolehkan Transplantasi Organ Hewan ke Manusia
Foto:

Sementara itu, menurutnya, seluruh dunia tercengang oleh keberhasilan dari terobosan xenotransplantasi yang dilakukan oleh dokter dari sekolah kedokteran di Universitas Maryland dan pusat medis kampus. Langkah itu memang dianggap semua orang sebagai operasi yang berbahaya. Sebelum melanjutkan proses tersebut, tim medis harus menghabiskan semua kemungkinan perawatan yang disetujui.

Setelah menghilangkan semua kemungkinan dan mengikuti praktik etis dalam eksperimen radikal seperti itu, dokter harus sepenuhnya memberi tahu pasien tentang fakta-fakta yang berkaitan dengan perawatan semacam ini. Semua risiko dan perkiraan tingkat keberhasilan dan kegagalan diketahui, termasuk spektrum penuh dari kriteria mulai dari kematian langsung hingga pemantauan orang fungsional yang hidup dengan jantung babi.

Seperti pasien lain yang menerima operasi, orang tersebut harus memperoleh kapasitas, memahami, dan mendiskusikan semua informasi yang diberikan untuk menyetujui dengan benar. Dalam terobosan ini, sepuluh gen yang dimodifikasi memungkinkan hati babi tidak ditolak oleh tubuh manusia. Beberapa dekade percobaan laboratorium dilakukan untuk mencapai tingkat kepercayaan ilmiah dalam pengeditan gen ini.

Dokter Reem mengatakan, eksperimen radikal ini dibenarkan karena pasien akan mati tanpa xenotransplantasi dan tidak punya pilihan lain untuk menerima jantung manusia atau hidup dengan dukungan jantung mekanis. Ia kemudian menjelaskan beberapa manfaat untuk xenotransplantasi, termasuk meningkatkan kumpulan organ, operasi transplantasi yang tidak akan mencakup operasi medis darurat, dan kualitas organ yang lebih baik daripada donor non-jantung.

Dengan kolaborasi antara sains dan kedokteran, xenotransplantasi dapat mengakhiri penderitaan dari ribuan pasien yang menunggu organ dan meningkatkan kumpulan organ bersama dengan donor non-jantung dan donor hidup. Namun begitu, dengan semua kelebihan penggunaan organ babi dalam operasi penyelamatan jiwa, mereka masih kekurangan banyak pengetahuan tentang tingkat keberhasilan jangka panjang dari xenotransplantasi dan potensi komplikasi masa depan yang mungkin timbul bagi pasien.

"Yang paling penting adalah untuk memberlakukan kerangka peraturan yang dapat menghormati ajaran yang ditemukan dalam agama yang berbeda untuk memandu etika xenotransplantasi," tambahnya. 

https://english.alarabiya.net/views/2022/01/25/Islamic-teaching-tells-us-animal-organ-transplants-to-humans-are-permissible

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement