Rabu 26 Jan 2022 05:50 WIB

Viral, Protes Wanita Afghanistan dengan Berpakaian Seperti Pria

Aturan Taliban menyulitkan ibu tunggal yang harus bekerja menghidupi keluarga.

Rep: Mabruroh/Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Wanita Afghanistan melancarkan protes terhadap Taliban dengan mengunggah foto mereka mengenakan pakaian tradisional pria secara daring. Viral, Protes Wanita Afghanistan dengan Berpakaian Seperti Pria
Foto:

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan sebuah kelompok warga telah berusaha pergi meninggalkan Afghanistan dengan penerbangan dari kota Mazar-i-Sharif. "Empat puluh orang ditangkap. Mereka ingin pergi ke luar negeri secara ilegal dengan pesawat," kata Mujahid, dilansir Al Arabiya, Selasa (25/1/2022).

Mujahid mengatakan, sebagian besar orang telah dibebaskan. Tetapi beberapa perempuan tetap ditahan karena kerabat laki-laki mereka belum datang untuk menjemput. Sejauh ini belum diketahui siapa yang mengatur penerbangan ilegal itu.

Puluhan ribu warga Afghanistan masih putus asa untuk meninggalkan negaranya. Mereka takut Taliban akan melakukan tindakan pembalasan, karena hubungan mereka dengan pasukan asing atau rezim pemerintahan sebelumnya yang didukung Amerika Serikat (AS).

Taliban mengatakan, setiap warga Afghanistan diizinkan untuk meninggalkan negara tersebut, selama mereka memiliki dokumen resmi termasuk visa. Tetapi untuk mendapatkan dokumen resmi di Afghanistan sangat sulit, karena hanya segelintir kedutaan yang beroperasi sejak Taliban mengambil alih Kabul pada Agustus 2021. 

Taliban meminta warga Afghanistan yang memiliki keterampilan dan pelatihan membantu membangun kembali negara itu. Taliban berjanji akan melakukan pendekatan yang lebih lembut sejak kembali berkuasa. Mereka berkomitmen tidak menerapkan aturan keras ketika berkuasa pada 1996-2001. Namun, Taliban tetap memberlakukan beberapa pembatasan pada perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement