Ahad 09 Jan 2022 06:07 WIB

Islam Ajarkan Pentingnya Dialog dalam Keluarga Sebelum Berdebat

Dialog penting untuk memperkuat hubungan antara anggota keluarga.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Islam Ajarkan Pentingnya Dialog dalam Keluarga Sebelum Berdebat
Foto:

Ketika orang tua terus terlibat dalam dialog dengan anak-anak mereka, gambarannya menjadi lebih jelas dan mereka dapat memperbaiki perilaku anak-anak jika persepsi orang tua tentang mereka benar, dan jika sebaliknya, orang tua bisa memperbaikinya. Selanjutnya, dialog berkelanjutan di dalam rumah bisa menghindari invasi budaya Barat melalui media massa dan dampak buruknya pada moral dan ambisi kaum muda.

Tidak jarang, dialog dan musyawarah tidak hadir dalam sebuah percakapan. Alasannya beragam, beberapa orang tua memiliki keyakinan yang keliru tentang pengasuhan, termasuk bahwa orang tua yang memerintahkan agar anak-anak harus patuh, sementara di sisi lain tidak memberikan ruang untuk dialog di antara mereka.

Selain itu, dialog tidak ada bisa jadi karena orang tua sibuk dan menghabiskan sedikit waktu di rumah. Hal ini bisa mengurangi kesempatan berdialog dengan anak-anak.

Sementara itu, kehadiran teknologi modern di semua rumah juga bisa melatarbelakangi tak adanya dialog di dalam sebuah rumah. Dampak teknologi membuat setiap anak bisa terisolasi dari keluarganya dan akhirnya berkomunikasi dengan dunia luar. Hal itu kemudian melemahkan ikatan keluarga dna menurunkan peluang menciptakan dialog dalam sebuah keluarga.

Karena itu, sebisa mungkin hadirkan dialog dan musyawarah di rumah agar tercipta keluarga yang harmonis dan penuh pengertian. Untuk menciptakan dialog yang efektif dalam keluarga, orang tua harus menyediakan lingkungan rumah yang tenang dan baik yang mendorong adanya dialog. Dialog sebaiknya dilakukan dalam kondisi yang tenang dan bebas dari kebisingan.

Dialog dalam sebuah keluarga penting untuk memperkuat hubungan antara anggota keluarga, yang secara psikologis harus siap untuk terlibat dalam dialog. Karena dialog melibatkan anggota keluarga tua dan muda, orang tua harus meredakan ketegangan yang mungkin terjadi selama sesi dialog tersebut. 

https://www.islamweb.net/en/article/234766/engage-in-dialogue-before-you-argue

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement