Ahad 09 Jan 2022 06:07 WIB

Islam Ajarkan Pentingnya Dialog dalam Keluarga Sebelum Berdebat

Dialog penting untuk memperkuat hubungan antara anggota keluarga.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Islam Ajarkan Pentingnya Dialog dalam Keluarga Sebelum Berdebat
Foto:

Musyawarah bersama seyogyanya merupakan cara hidup. Dalam hal ini, yang tua harus mendengarkan yang muda dan sebaliknya sampai mereka mencapai pendapat yang disepakati bersama. Hal ini merupakan perilaku yang benar.

Orang tua seyogyanya melupakan status otoritatif mereka ketika terlibat dalam dialog dengan anak-anak mereka. Mereka harus tahu dialog sangat penting dalam sebuah percakapan, terutama dalam sebuah keluarga.

Apa makna pentingnya dialog dan musyawarah?

Dialog memastikan interaksi antara anak dan orang tua, yang memudahkan anak untuk mengungkapkan perasaannya dan masalah yang dihadapinya  kepada orang tuanya. Hal ini memungkinkan orang tua mengatasi masalah sebelum mereka menjadi lebih buruk.

Sebaliknya, pertengkaran menciptakan penghalang antara orang tua dan anak karena anak merasa takut memberi tahu orang tua tentang apa yang terjadi padanya. Selanjutnya, dialog bertujuan membangun karakter anak karena membuat dia merasa aman dan percaya diri. Hal ini melindunginya dari masalah di masa depan ketika dia terus berdialog dengan orang tuanya.

Selain itu, orang tua mendapat manfaat dari terlibat dalam dialog dengan anak-anak mereka dalam membentuk persepsi tentang ambisi dan masalah mereka karena anak-anak tidak pandai mengekspresikan diri. Manfaat lainnya adalah orang tua memahami persepsi yang mereka miliki tentang anak yang mungkin keliru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement