Jumat 31 Dec 2021 12:39 WIB

Teladan Nabi Musa dalam Menapaki Perjalanan Tahun yang Baru

Pelajaran reflektif ini dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki tujuan hidup.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Teladan Nabi Musa dalam Menapaki Perjalanan Tahun yang Baru
Foto:

Berdoalah, bahkan jika Anda tidak tahu harus meminta apa

"Saya sudah berkali-kali merasakan tantangan di depan saya begitu berat; Saya bahkan tidak tahu apa yang harus saya doakan untuk membebaskan saya dari mereka."

Ini adalah sifat krisis. Itu membuat kita lengah; kita tidak tahu harus berkata apa. Tetapi doa hanya perlu datang dari hati. Allah berfirman:

{Dan ketika hamba-Ku bertanya kepadamu, [Wahai Muhammad], tentang Aku – sesungguhnya Aku dekat. Aku menanggapi seruan pemohon ketika dia memanggil-Ku. Maka hendaklah mereka menanggapi Aku [dengan ketaatan] dan beriman kepada-Ku agar mereka mendapat petunjuk [yang benar].} (Baqarah 2:186)

Seperti kisah Musa, saat mereka menjadi tunawisma setelah melarikan diri dari penjaga kotanya, Musa membuat doa yang begitu sederhana namun transformatif.

{Jadi dia menyirami gembalaan mereka untuk mereka, lalu pergi ke tempat teduh dan berdoa, “Ya Tuhanku! Saya benar-benar 'sangat membutuhkan' rezeki apa pun yang mungkin Engkau sediakan untuk saya.} (Al-Qasas 28: 24).

Kenali keterbatasan Anda dan cari bantuan

Dalam Alquran diceritakan:

{Dan saudaraku Harun lebih fasih daripada aku, maka kirimkanlah dia bersamaku sebagai penolong untuk mendukung apa yang aku katakan, karena aku benar-benar khawatir mereka akan menolakku.} (Al-Qasas 28:34)

Ketika Musa dipanggil untuk kenabian oleh Allah, dia dengan setia menerima tugas itu, tetapi bukan tanpa memahami kekuatan dan bidang peningkatannya. Musa membuat panggilan untuk meminta saudaranya bergabung dengannya dalam perjalanan ini. Jika seorang Nabi cukup bijaksana untuk mencari bantuan, bagaimana mungkin kita merasa jauh lebih baik seolah berada di atasnya.

 

Apa pun tujuan Anda, periksa sekitar lingkaran pergaulan Anda untuk mencari mereka yang dapat mendukung Anda. Cari sahabat, mentor, pasangan yang sama-sama bertanggung jawab. Biarkan orang orang ini yang mengangkat Anda agar Anda tidak jatuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement