Ahad 19 Dec 2021 16:23 WIB

Negara-Negara Islam Cari Solusi Keadaan Darurat Afghanistan

Negara-negara Muslim berupaya menanggapi krisis ekonomi dan kemanusiaan Afghanistan

Rep: Dwina Agustin/reuters/ Red: Agung Sasongko
 Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) Arab Saudi telah mengirim dua pesawat bantuan ke Afghanistan. Pesawat tersebut membawa 1.647 keranjang makanan dan 192 tas penampungan dengan berat lebih dari 65 ton.
Foto:

Keadaan darurat di Afghanistan membuat jutaan orang menghadapi kelaparan saat musim dingin tiba. Kondisi ini telah menyebabkan meningkatnya kekhawatiran dan masyarakat internasional telah berjuang untuk memberikan tanggapan terkoordinasi mengingat keengganan Barat untuk membantu pemerintah Taliban.

Para pejabat Taliban telah meminta bantuan untuk membangun kembali ekonomi Afghanistan yang hancur dan memberi makan lebih dari 20 juta orang yang terancam kelaparan. Beberapa negara dan organisasi bantuan telah mulai memberikan bantuan, tetapi sistem perbankan negara yang hampir runtuh telah memperumit pekerjaan itu.

 

Di luar masalah bantuan langsung, Afghanistan membutuhkan bantuan untuk memastikan stabilitas ekonomi jangka panjang. Banyak yang akan tergantung pada keputusan Washington bersedia mencabut sanksi terhadap para pemimpin Taliban yang telah menyebabkan banyak lembaga dan pemerintah menghindar dari hubungan langsung dengan pemerintah Kabul saat ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement