Senin 06 Dec 2021 17:19 WIB

Masjid Pertama di Prince George Kanada Rayakan HUT ke-10

Sebelum ada Masjid Prince George, masjid terdekat berjarak 600 kilometer.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Pertama di Prince George Kanada Rayakan HUT ke-10. Pusat Islam Prince George yang terletak di ujung barat laut British Columbia, Kanada merayakan hari jadinya yang ke-10 sejak dibuka pada 2011. Ini adalah masjid pertama yang dibangun di wilayah utara provinsi itu.
Foto:

Masjid tersebut dibangun dengan dana sebesar 1,8 juta dolar (Rp 25,9 miliar). Masjid dibangun dengan tujuan menciptakan kembali kotamadya sebagai pusat pendidikan dan layanan medis.

Direktur medis dari University Hospital of Northern British Columbia Firas Mansour adalah anggota pendiri Prince George Islamic Centre. Menurutnya, keberadaan masjid tersebut membantu menarik para profesional medis yang berimigrasi dari negara-negara Muslim.

Karena ketika mereka datang tentu hal pertama yang ditanyakan adalah 'apakah ada masjid di sini'. Masjid ini telah membuat mereka para tenaga medis datang tidak hanya untuk bekerja, tetapi juga untuk menetap. 

"Itu membuat Prince George lebih menarik dan area yang masuk akal untuk dikunjungi, tidak hanya untuk datang dan bekerja selama beberapa tahun, tetapi juga untuk menetap," ujarnya.

Dokter keluarga Ashfaq Ahmed berimigrasi ke Prince George dari Pakistan pada 2012. Sejak itu ia melakukan sholat dan menghadiri acara komunitas di Islamic Centre.

Dia mengatakan penting baginya untuk memiliki masjid lokal di mana dia dapat menerima ajaran Islam, tetapi dia juga berpikir masjid lebih dari sekadar tempat ibadah bagi komunitas Muslim. Masjid menawarkan kesempatan bagi orang-orang di luar komunitas untuk belajar lebih banyak tentang Islam.

Menurut Asosiasi Muslim BC, ada 67 ruang sholat Muslim di seluruh provinsi. Hanya dua di antaranya yang berada di wilayah utara, termasuk Prince George Islamic Center dan Peace River Muslim Association di Fort St. John.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement