Kamis 02 Dec 2021 15:21 WIB

Laporan: 60% Media Daring Inggris Beritakan Muslim Negatif

Beberapa berita menyebabkan kasus pencemaran nama baik Muslim Inggris.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Laporan: 60 % Media Daring Inggris Beritakan Muslim Negatif. Orang-orang Shalat di Masjid London Timur & Pusat Muslim London di London timur, Inggris, Rabu (14/4). Untuk kegiatan Ramadhan, setelah bulan suci harus diamati selama pembatasan virus korona tahun lalu tanpa pertemuan doa komunitas biasa,
Foto:

Selanjutnya, 47 persen dari semua tayangan menunjukkan Muslim dan/atau Islam dengan cara yang menampilkan aspek dan/atau perilaku negatif. Ketika dinilai berdasarkan genre, drama memiliki persentase tertinggi dari tayangan 'Bias' dan 'Sangat Bias' dengan 1/3 dari semua tayangan drama dinilai sebagai 'Bias' (31 persen) atau 'Sangat Bias' (3 persen).

Sementara itu, 381 karya fiksi sering menggambarkan Muslim dan keyakinan mereka sebagai tidak toleran dan bertentangan dengan nilai-nilai liberal yang unggul. Sedangkan, 17 persen tayangan memiliki 'Bias Antagonistik' (17 persen), hampir dua kali lipat jumlah tayangan 'Bias Mendukung' (9 persen).

Selanjutnya, laporan mengatakan saluran regional (BBC dan ITV) memiliki proporsi tayangan tertinggi yang menunjukkan 'Bias yang Mendukung' (36 persen). Sementara 47 persen aspek dan perilaku negatif dari semua tayangan menunjukkan Muslim dan/atau Islam dengan cara yang menampilkan aspek dan/atau perilaku negatif. Sebesar 9 persen generalisasi dari tayangan siaran membuat klaim generalisasi tentang Muslim dan/atau Islam secara keseluruhan.

Semua stasiun TV nasional dilaporkan menyamai atau melampaui angka ini dengan Saluran 4 memiliki proporsi dua kali lipat dari tayangan umum (18 persen). Karena menonjol, 11 persen dari semua tayangan siaran yang dianalisis dihilangkan karena menonjolkan suara atau perspektif Muslim yang relevan.

Semua saluran nasional dikatakan melebihi rata-rata dari 11 persen tayangan yang hilang karena menonjol. Namun, tidak ada pelanggar yang menonjol dengan empat saluran nasional semuanya menampilkan 12 persen tayangan yang telah hilang karena menonjol. Sementara itu, saluran regional BBC dan ITV memiliki persentase tayangan terendah yang hilang karena menonjol serta persentase tayangan yang lebih besar yang menunjukkan 'Bias yang Mendukung'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement