Rabu 24 Nov 2021 05:05 WIB

Adab dan Akhlak Terhadap Orang Tua

Sudah seyogyanya seorang anak menghormati kebijaksanaan orang tua.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Adab dan Akhlak Terhadap Orang Tua
Foto:

Karena itu, sudah seyogyanya seorang anak menghormati kebijaksanaan, pengetahuan, rahmat dan ketabahan orang tuanya. Perlu direnungi orang tua telah melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan dan memelihara anak-anaknya. Dengan demikian sudah saatnya anak-anaknya berbuat kebaikan yang sama untuk mereka.

Selain itu, seorang anak seyogyanya berupaya tidak membuat kesal orang tua dan justru berusaha memberikan kebahagiaan kepada mereka. Bagaimanapun, menyenangkan orang tua adalah salah satu tindakan yang paling berbudi luhur.

Allah berfirman dalam Alquran: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (QS. Al Isra:23).

Rasa hormat tidak hanya diterapkan kepada orang tua kita saja, melainkan juga pada mereka yang lebih tua secara usia. Cara menghormati orang yang lebih tua, salah satunya dengan berjalan sedikit di belakangnya dan biarkan mereka masuk dan keluar terlebih dahulu.

Ketika bertemu dengan mereka, sapalah mereka dengan rasa hormat dan akhlak yang baik, dan bukan hanya karena orang itu lebih tua dari Anda. Kemudian ketika berdiskusi dengan orang yang lebih tua, sebaiknya biarkan mereka berbicara terlebih dahulu, dan dengarkan mereka dengan penuh perhatian dan ramah.

photo
Akhlak mulia (ilustrasi) - (republika)

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement