Ahad 21 Nov 2021 16:04 WIB

Memahami Dakwah Digital

Dakwah digital semakin berkembang pesat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Dakwah bisa dilakukan melalui internet. Ilustrasi
Foto: kval.com
Dakwah bisa dilakukan melalui internet. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ada dua ayat yang populer terutama dikalangan para da'i atau para mubaligh. Yakni Alquran surat An Nahl ayat 125. 

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Baca Juga

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk," (Alquran surat An Nahl ayat 125). 

Dan surat Ali Imran ayat 104: 

 

 

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

 

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar merekalah orang-orang yang beruntung. (Alquran surat Ali Imran ayat 104).

Pimpinan Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang yang juga Mustasyar PBNU, KH. Ahmad Mustofa Bisri menjelaskan lafaz ud'u dimaknai sebagai dakwah. Akan tetapi banyak orang yang tidak dapat membedakan antara dakwah dan amar makruf dan nahi munkar. Padahal menurut Gus Mus, dakwah berarti mengajak yang di dalamnya terdapat nuansa membujuk, dan terdapat kehalusan seta kelembutan. Sementara Amar Makruf dan Nahi Munkar mengandung makna perintah. 

Sementara lafadz Sabili Rabbika bermakna bahwa sasaran dakwah adalah manusia yang belum berada dalam jalan Allah, di mana jalan Allah itu diartikan sebagai agama Islam. Sedang lafadz bil hikmah dimaknai sebagai Alquran, Sunnah, dan bijaksana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement