Kamis 11 Nov 2021 22:04 WIB

Muktamar ke-34 NU Angkat Tema Kemandirian

Kemandirian warga NU di bidang ekonomi secara umum belum sesuai harapan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Muktamar ke-34 NU Angkat Tema Kemandirian
Foto:

“Kita harus melihat ke belakang dan ke depan. Kadang kita lupa negara kita sangat kaya dari sisi agraria, tetapi kita juga sangat miskin dari segi produk-produk agraria. Kita juga kaya dengan laut, tetapi kita juga miskin dengan produk-produk laut. Itu akan menjadi agenda besar NU ke depan,” jelasnya. 

Karena itu, pada gelaran Muktamar ke-34 NU di Lampung nanti, salah satu forum Bahtsul Masail akan membahas soal reforma agraria yang sampai saat ini belum tuntas. Menurut Imam, banyak kebijakan-kebijakan negara terkait reforma agraria yang perlu sinkronisasi agar tidak tumpang tindih.

Ia juga menjelaskan tema perdamaian dunia sengaja dipilih karena saat ini telah menjadi kebutuhan mendesak untuk mendapat perhatian NU. Artinya, warga dunia saat ini sangat membutuhkan peran-peran NU di kancah global.

Imam menjelaskan Muktamar ke-34 kali ini akan dilaksanakan di empat tempat. Basis penyelenggaraan Muktamar ini di Pondok Pesantren Darussa’adah meliputi pembukaan dan pleno. Sementara, acara-acara lain, seperti sidang komisi akan dilaksanakan di UIN Raden Intan, Universitas Lampung (Unila), dan Universitas Malahayati.

Ketua PBNU ini juga menegaskan komitmennya menjaga protokol kesehatan. Hal ini diseriusi dengan pengurangan jumlah peserta dari tujuh orang dari setiap perwakilan wilayah, cabang, dan cabang istimewa, menjadi tiga orang. Pembagian acara ke empat tempat merupakan bagian dari untuk mematuhi protokol kesehatan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement