Kamis 11 Nov 2021 21:52 WIB

Pertama dalam Sejarah AS, Muslim Kuasai Dewan Kota Michigan

Dewan Kota mencerminkan realitas agama baru dan realitas rasial beragam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Pertama dalam Sejarah AS, Muslim Kuasai Dewan Kota Michigan. Muslim di Amerika. Ilustrasi
Foto:

Angka itu merupakan jumlah tertinggi sejak organisasi ini mulai memetakan kemajuan elektoral para politikus yang mengidentifikasi diri sebagai Muslim. Partisipasi warga sipil oleh pemilih Muslim juga terus meningkat dalam beberapa siklus pemilu terakhir.

Sebuah jajak pendapat oleh Institute for Social Policy and Understanding menunjukkan 78 persen pemilih Muslim yang memenuhi syarat di Amerika Serikat terdaftar untuk memilih tahun ini, dibandingkan dengan hanya 60 persen yang terdaftar pada 2016. Seorang profesor ilmu politik dan kebijakan publik di Brown University James Morone mengatakan pemilihan wali kota Muslim dan Dewan Kota yang semuanya Muslim, secara paradoks, adalah dua hal yang berlawanan.

Menurutnya, hal itu terobosan nyata yang menandakan perubahan besar di masa depan. Pada saat yang sama, salah satu cerita tertua di Amerika.

"Dewan Kota mencerminkan realitas agama baru dan realitas rasial beragam yang semakin menandai kota-kota kita. Tetapi, di negara imigran, itu juga cerita yang sangat lama: sejarah Amerika adalah tentang kelompok agama dan etnis baru yang berimigrasi, ketakutan yang mencolok di beberapa tempat, dan kemudian mengatasi rasa takut itu dan pindah ke posisi kepemimpinan," kata Morone.

Kandidat yang beragam di luar Michigan juga meraih kemenangan. Orang Asia-Amerika meraih kemenangan wali kota di tiga kota besar, yakni Boston, Cincinnati, dan Seattle. Sementara New York memilih lima orang Asia-Amerika ke Dewan Kotanya, termasuk wanita Muslim pertamanya, Shahana Hanif.

"Ini adalah langkah luar biasa menuju janji pemerintahan untuk rakyat, dari rakyat dan oleh rakyat untuk semua orang Amerika. Itu termasuk kita sebagai Muslim Amerika," kata Mohie El-Deen dari MPAC.

https://www.nbcnews.com/news/us-news/nation-s-first-all-muslim-city-council-elected-michigan-n1283626

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement