Rabu 10 Nov 2021 11:17 WIB

Sakit Jadi Cara Allah Menghapuskan Dosa Umatnya

Segala sesuatu yang terjadi pada orang mukmin adalah untuk kebaikannya.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Sakit Jadi Cara Allah Menghapuskan Dosa Umatnya
Foto:

Setiap bencana adalah untuk kebaikan 

Ini adalah sesuatu yang berlaku untuk setiap bencana dan kemalangan. Nabi Muhammad SAW berkata: "Bahkan jika duri menusuk salah satu dari Anda, itu akan menghapus sebagian dosa Anda" (HR Al Bukhari dan Muslim).

Betapa menakjubkan karena segala sesuatu yang terjadi pada orang mukmin adalah untuk kebaikannya. Jika sesuatu yang baik terjadi dan dia bahagia, dia bersyukur kepada Allah SWT dan itu baik untuknya. 

Jika sesuatu yang buruk terjadi, maka dia bersabar dan Allah membalasnya atas kesabaran itu (HR Al-Bukhari dan Muslim). Orang beriman akan selalu menjadi pemenang, dia tak pernah kalah. 

Apa pun musibah yang menimpa seorang mukmin, dia akan selalu berada di atas angin setelah menang karena dia memiliki Allah di sisinya. Ketika Anda memiliki Allah SWT di sisi, Anda tidak peduli dengan apa yang terjadi di dunia.

Tentu umat Islam tidak ingin mengalami sakit dan tidak mengharapkan bencana. Tetapi, setiap umat yang jatuh sakit akan menghadapi malapetaka. 

 

Ketika itu terjadi, maka bangkit hadapi tantangan itu. Perbarui iman kepada Allah SWT, merendahkan diri, dan menyerahkan diri kepada-Nya. Dan melalui semua ini, kaum Muslim yang sakit mensyukuri nikmat yang diberikan meski tengah jatuh sakit dan ditimpa musibah. 

photo
Infografis Empat Jenis Obat dalam Alquran - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement