Senin 11 Oct 2021 16:28 WIB

Sifat Kikir Membuat Jauh Dari Allah dan Surga

Islam mengajarkan manusia tak kikir.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Sifat Kikir Membuat Jauh Dari Allah dan Surga. Foto ilustrasi: Seorang suami tak boleh bersikap kikir ataupun berlebihan dalam memberi nafkah.
Foto: Chupastor.com/ca
Sifat Kikir Membuat Jauh Dari Allah dan Surga. Foto ilustrasi: Seorang suami tak boleh bersikap kikir ataupun berlebihan dalam memberi nafkah.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Agama Islam mengajarkan manusia untuk tidak memiliki sifat kikir atau pelit dalam menginfakkan harta di jalan Allah SWT. Sebab sifat kikir dapat membuat jauh dari Allah SWT dan surga. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Surah Muhammad Ayat 38.

هٰٓاَنْتُمْ هٰٓؤُلَاۤءِ تُدْعَوْنَ لِتُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِۚ فَمِنْكُمْ مَّنْ يَّبْخَلُ ۚوَمَنْ يَّبْخَلْ فَاِنَّمَا يَبْخَلُ عَنْ نَّفْسِهٖ ۗوَاللّٰهُ الْغَنِيُّ وَاَنْتُمُ الْفُقَرَاۤءُ ۗ وَاِنْ تَتَوَلَّوْا يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْۙ ثُمَّ لَا يَكُوْنُوْٓا اَمْثَالَكُمْ ࣖ

Baca Juga

Ingatlah, kamu adalah orang-orang yang diajak untuk menginfakkan (hartamu) di jalan Allah. Lalu di antara kamu ada orang yang kikir, dan barangsiapa kikir maka sesungguhnya dia kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah Yang Maha Kaya dan kamulah yang membutuhkan (karunia-Nya). Dan jika kamu berpaling (dari jalan yang benar) Dia akan menggantikan (kamu) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan (durhaka) seperti kamu (ini). (QS Muhammad: 38).

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa Allah memanggil mereka untuk menghilangkan sifat kikir. Mereka diminta menginfakkan harta mereka di jalan Allah.

Dijelaskan bahwa siapa yang kikir, tidak mau menafkahkan harta di jalan Allah. Maka kekikiran mereka itu akan merugikan diri sendiri, karena kikir itu akan mengganggu hubungan dalam masyarakat dan akan menghapuskan pahala mereka, menjauhkan diri mereka dari Allah dan surga.

Bila manusia berinfak, itu bukan untuk Allah karena Ia tidak memerlukan harta mereka, sebab Dia Maha Kaya, tidak memerlukan apapun. Infak itu justru untuk keuntungan mereka karena Allah akan membalasnya berlipat ganda, ditambah lagi dengan pahala yang balasannya adalah surga.

Kemudian Allah mengancam mereka dengan mengatakan bahwa jika mereka berpaling, yaitu tidak beriman dan tidak mau memenuhi perintah-Nya dengan berinfak, maka Allah akan menghancurkan mereka. Kemudian mengganti mereka dengan kaum yang lain yang tidak seperti mereka, yaitu kaum yang mau berinfak, berjihad, melaksanakan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement