Rabu 22 Sep 2021 18:12 WIB

Masjid Cambridge Masuk Nominasi Bangunan Terbaik Inggris

Desain masjid terinspirasi dari gagasan oasis yang tenang dan taman surga.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Cambridge Masuk Nominasi Bangunan Terbaik Inggris. Masjid Hijau di Cambridge
Foto:

Meskipun bukan yang pertama secara global, Masjid Pusat Cambridge adalah yang pertama dari jenisnya di Eropa yang ramah lingkungan dengan nol jejak karbon. Setiap detail dalam struktur masjid berupaya meminimalkan dampak lingkungan dengan pemanenan air hujan, atap sedum, dan daur ulang greywater.

Masjid dirancang agar jamaah dapat merasakan suasana hutan dengan pilar-pilar seperti pohon. Struktur ini disebut mengunggah gaya kubah kipas gotik Inggris. Bagian belakang masjid yang dilucuti dan interiornya menyisakan ruang untuk merefleksikan diri atau sebagai tempat menyegarkan diri.

Dilansir The New Arab, Rabu (22/9), penggabungan desain arsitektur lokal dengan unsur Islam tradisional, seperti pola geometris yang melambangkan ketidakterbatasan Tuhan dan keagungan ciptaan-Nya terlihat di masjid ini. Desain masjid terinspirasi dari gagasan oasis yang tenang dan taman surga.

Penelitian yang dilakukan oleh Komisi Amal menemukan hanya 15 persen masjid yang memiliki peran perempuan dalam manajemen dan tata kelola. Namun, 51 persen mengatakan perempuan menghadiri sholat Jumat.

Meski begitu masjid ini merupakan wujud dari upaya bersama untuk menciptakan ruang bagi perempuan dan berkonsultasi dengan jamaah lain. Beberapa orang menggambarkan masjid sebagai landmark yang lembut di kota Cambridge dengan kehadirannya menjadi pengingat akan kontribusi dan kehadiran Muslim di Cambridge dan di seluruh Inggris.

photo
Taman di Cambridge Central Mosque atau Masjid Pusat Cambridge didesain berdasarkan prinsip Islam. - (Cambridge Central Mosque)

 

https://english.alaraby.co.uk/features/cambridge-central-mosque-nominated-uks-best-building

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement