Senin 06 Sep 2021 14:56 WIB

Organisasi Kanada Keluarkan Rekomendasi Atasi Islamofobia

Upaya itu bertujuan menghentikan peristiwa berdarah akibat kebencian pada Muslim.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Organisasi Kanada Keluarkan Rekomendasi Atasi Islamofobia. Anggota Selamati meletakkan bunga tanda berduka di lokasi penabrakan keluarga Muslim di London, Ontario, Kanada, 7 Juni 2021. Polisi mengatakan serangan tersebut merupakan kejahatan kebencian anti-Islam.
Foto:

Adapun Ketua komite penasihat anti-rasialisme, Jason Veltri mengatakan pada 2020 hanya 56 kasus yang diselesaikan di sepanjang 2019, jumlah yang tidak mewakili insiden rasialisme di Thunder Bay, dan mengatakan cara tersebut perlu memperbaiki. Pada Jumat, City of Thunder Bay mengirimkan rilis berita tentang peluncuran kampanye kesadaran untuk program tersebut.

Walid Chahal adalah ketua bersama Diversity Thunder Bay dan anggota komunitas Muslim.  Dia telah tinggal di kota Ontario barat laut sejak 1970-an, dan merupakan anggota dari beberapa dewan dan komite yang berfokus pada multikulturalisme.

Menurutnya, dewan kota dengan cepat mendukung pernyataan dari komite anti-rasialisme dan organisasi Diversity Thunder Bay yang mengutuk rasialisme dan tindakan kekerasan setelah serangan Juni di London. "Dewan kota telah menerima apa yang kami usulkan dari mereka untuk dilakukan, dan terkadang mereka proaktif, tetapi kami ingin melihat lebih banyak proaktif itu dan lebih banyak keterlibatan dalam menghasilkan kebijakan yang tepat," katanya.

Sementara Imam masjid di Thunder Bay, Hikma Sherzad juga menyebutkan beberapa contoh pekerjaan untuk memperbaiki kondisi ini. Hal itu termasuk pertukaran antaragama, lokakarya tentang identitas Muslim dan keyakinan Islam di tempat kerja dan sekolah, serta menjadii tuan rumah acara amal, dan open house di masjid untuk menyambut anggota masyarakat ke dalam ruang, dan menciptakan beasiswa untuk siswa.

"Pendekatan Islam untuk menjadi bagian dari komunitas mana pun adalah sebagaimana tradisi Nabi SAW 'yang terbaik dari Anda adalah mereka yang terbaik untuk orang-orang'. Umat Islam mencoba yang terbaik untuk bertindak dengan menjadi bermanfaat bagi masyarakat," kata Sherzad.

Dia menekankan kerja komunitas ini bukan upaya hubungan masyarakat, tetapi juga upaya mengatasi Islamofobia. "Jika Islamofobia adalah ketakutan akan hal yang tidak diketahui maka mengetahui tentang itu akan menjelaskan apa itu Islam atau beberapa kesalahpahaman yang mungkin menyertainya," jelasnya.

 

"Banyak orang yang mungkin menunjukkan atau memiliki kecenderungan Islamofobia, komentar, tindakan, dan sebagainya, seringkali mereka tidak menghabiskan banyak waktu dengan Muslim,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement