Sabtu 21 Aug 2021 14:38 WIB

HDMI Hadir di Seluruh Provinsi, Siap Lanjutkan Dakwah Ulama

HDMI hari ini melantik pengurus di 17 provinsi.

 HDMI Hadir di Seluruh Provinsi, Siap Lanjutkan Dakwah Ulama Foto: Habib Idrus Salim Al Jufri
Foto: Dok Republika
HDMI Hadir di Seluruh Provinsi, Siap Lanjutkan Dakwah Ulama Foto: Habib Idrus Salim Al Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Himpunan Da'i Muda Indonesia (HDMI) menegaskan tekad untuk melanjutkan perjuangan para ulama. Tekad itu selaras dengan pesan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang disimak oleh seluruh pengurus wilayah se-Indonesia dalam acara Pelantikan Pengurus Wilayah di 17 Propinsi pada Sabtu (21/8) pagi. 

"Semoga HDMI bisa menjadi ekosistem yang subur untuk pengembangan ilmu dan dakwah," demikian pesannya Anies.

Baca Juga

Tekad HDMI di momentum HUT ke-76 Republik Indonesia ini tentu merupakan bagian dari usaha untuk tidak melupakan sejarah bangsa dan jasa-jasa ulama. Bahwa kemerdekaan Indonesia diraih dengan kegigihan para ulama, baik yang terjun di medan perjuangan melawan penjajahan maupun yang bertahan menyiapkan sumber daya pejuang-pejuang kemerdekaan.

Sebagaimana sejarah mencatatkan, berbagai ormas Islam di Indonesia telah banyak melahirkan para pejuang bangsa. Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, PUI, Syarikat Islam, dan sebagainya. Habib Idrus Al Jufri selaku Ketua Umum HDMI juga merupakan keturunan dari seorang pahlawan pendidikan di Indonesia Timur, Sayyid Idrus bin Salim Al Jufri atau akrab disapa Guru Tua, pendiri Al Khairat.

Pelantikan pengurus wilayah di 17 Provinsi ini menggenapkan keberadaan HDMI di seluruh Indonesia. Sehingga harapannya dapat menjangkau daerah-daerah terpencil Indonesia. Sebagaimana yang dipesankan oleh salah satu pimpinan Persatuan Umat Islam (PUI) KH. Nur Hasan Zaidi melalui silaturahim daring kepada HDMI, "

Stok da'i di Indonesia masih kurang, karena wilayah yang luas. Semoga kehadiran da'i muda bisa turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Prioritaskan dakwah di desa dan dusun," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua MUI Jakarta KH. Munahar Muhtar, "Generasi Muda disiapkan ke depan menjadi da'i yang menebarkan kebaikan dan kebajikan. Saya bersyukur atas nama MUI Jakarta, semoga Himpunan Da'i Muda Indonesia ke depannya menjadi motor perjuangan. Tapi syaratnya, istiqomahlah!"

Selain pelantikan Pengurus Wilayah HDMI di 17 Provinsi, Pimpinan Pusat HDMI juga melantik Duta Da'i Muda di 3 negara. "Alhamdulillah kita sudah ada duta da'i muda di Arab Saudi, Mesir dan Sudan," jelas Sekjend HDMI Derysmono saat membacakan nama-nama yang dilantik.

Dalam Pidato Kebangsaannya, Ketua Umum HDMI Habib Idrus Al Jufri mengingatkan agar para da'i muda memberikan perhatian kepada saudara-saudara yang wafat karena wabah covid belakangan ini. "Kita doakan seluruh yang wafat, semoga Allah berikan tempat terbaik," pintanya. Habib Idrus juga menyampaikan agar para da'i muda di HDMI dapat menjadi penyambung lidah ulama dan guru, terlebih saat ini banyak ulama yang telah wafat. "HDMI harus siap melanjutkan perjuangan dakwah para ulama yang telah wafat," lanjutnya.

Imbauan Ketua Umum HDMI ini langsung disambut oleh para Ketua Wilayah. Salah satunya adalah Ketua HDMI Lampung M Al Qodri yang menyatakan bahwa para da'i muda di Lampung InsyaAllah siap menjadi pewaris ulama. Bahkan Ketua HDMI Jawa Barat menegaskan tekad untuk terdepan dalam mengkader ulama. "Jawa Barat InsyaAllah akan terdepan dalam kaderisasi da'i muda," ungkap Dani Zailani, Ketua HDMI Jawa Barat. Tak kalah dari saudara-saudaranya sesama da'i muda di Indonesia bagian barat, Thariq Kasuba selaku Ketua HDMI Maluku Utara mengajak kepada para da'i muda untuk bangkit menyampaikan dakwah sebagaimana yang dahulu dilakukan Rasulullah.

Kegiatan Pelantikan Pengurus Wilayah HDMI di 17 Propinsi ini ditutup dengan arahan Ketua Dewan Pembina HDMI KH. Fahmi Rusydi. Dalam  arahannya, KH. Fahmi Rusydi mengungkapkan rasa bahagianya. "Saya bersyukur, dengan pelantikan ini menandakan bahwa dakwah di Indonesia yang telah dirintis oleh para ulama terdahulu, InsyaAllah akan dilanjutkan," ungkapnya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement