Ahad 25 Jul 2021 15:56 WIB

Dua Imam di Prancis Dipecat Karena Khutbah Idul Adha

Dua Imam di Prancis dipecat karena isi khutbah Idul Adha.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Salah satu Imam Prancis (ilustrasi)
Foto:

Dalam sebuah pesan di media sosial, administrasi masjid mengumumkan bahwa imam telah diberhentikan. Kegubernuran Loire mengatakan sedang berupaya untuk tidak memperbarui izin tinggal imam.

Selain Ahamada, imam di Masjid Gennevilliers di provinsi Hauts-de-Seine, Imam Mahdi, sempat mengkritik terhadap gaya berpakaian beberapa wanita Muslim dalam khotbah yang dia berikan pada 4 Juni lalu. Dia juga dihentikan atas perintah Darmanin.

Menteri Darmanin meminta gubernur untuk campur tangan dan menghentikan kegiatan masjid jika khutbah serupa diulang, dengan menggunakan alat baru yang diizinkan oleh undang-undang untuk memperkuat penghormatan terhadap prinsip-prinsip negara Prancis. Terlebih bagi kelompok hak asasi manusia Prancis, itu berisiko menimbulkan diskriminasi.

Darmanin mengumumkan pada Jumat kemarin bahwa tugas para imam dihentikan. "Atas permintaan saya, dua imam yang memberikan khotbah yang tidak dapat diterima di Hauts-de-Seine dan Loire dipecat. Kami akan berjuang tanpa lelah melawan mereka yang menentang aturan dan nilai-nilai Republik," katanya di Twitter.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement