Kamis 15 Jul 2021 16:02 WIB

Lazismu Aktif Kenalkan Kurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan

Pelaksanaan program Kurbanmu Lazismu melibatkan internal Muhammadiyah

Lazismu masif mengenalkan program Kurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan dengan melanjutkan beberapa program menarik
Foto:

Kedua, lanjutnya, adalah Program Fresh Meat. Program ini fokus penyembelihan kambing/domba atau sapi kurban baik perorangan maupun jamaah dilakukan oleh Lazismu di tempat masing-masing saat Idul Adha dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas ataupun dagingnya akan dibagikan dalam bentuk fresh meet (daging segar) kepada masyarakat sekitar.

“Ketiga merupakan pilot project yaitu Program Siap Saji. Program siap saji adalah penyembelihan kambing/domba atau sapi qurban baik perorangan maupun jamaah yang dilakukan oleh Lazismu saat Idul Adha dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas maupun dagingnya akan disimpan di coller storage agar tahan lama,” urainya.

“Daging ini akan dimasak menjadi makanan siap saji secara bertahap setiap Jumat sepanjang tahun. Adapun sasaran distribusi program ini adalah anak yatim dan duafa yang tinggal di panti asuhan baik milik Muhammadiyah maupun umum,” ujarnya.

Keempat, ujarnya, adalah Program Sedekah Daging. Program sedekah daging adalah support program Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan yang diinisiasi untuk meramaikan syiar kurban 1442 H.

“Program ini juga untuk memfasilitasi semangat masyarakat dalam membantu sesama namun belum mampu berqurban seekor domba maupun kambing saat ini. Maka sedekah daging ini akan menjadi pilihan menarik bagi masyarakat. Besaran sedekah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang,” jelasnya.

Sementara itu pada program kurban internasional, ungkapnya, kegiatan penyembelihan domba atau sapi kurban baik perorangan maupun jamaah dilakukan oleh mitra Lazismu di luar negeri saat Idul Adha dan hari-hari tasyrik sesuai kalender dan keputusan ulama setempat. Adapun karkas maupun dagingnya akan dibagikan dalam bentuk fresh meet (daging segar) kepada masyarakat sekitar.

“Program internasional ini akan dilaksanakan di tiga negara yaitu Palestina (Gaza dan Tepi Barat), Myanmar (Rohingya) dan Yaman. Sedangkan untuk jenis hewan kurbannya di Palestina berupa domba, Myanmar berupa sapi dan Yaman berupa domba,” rincinya.

Dia menambahkan program Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan akan dilaksanakan serentak pada hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H bertepatan pada hari Selasa (20/7/2021) kalender Indonesia maupun pada hari-hari tasyrik.

 

“Adapun pelaksanaan program internasional akan menyesuaikan dengan kalender atau keputusan ulama setempat,” tuturnya. Semua jenis layanan kurban Lazismu di atas bisa dilakukan melalui portal resmi lazismu di www.lazismu.org

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement