Rabu 03 Jan 2024 19:07 WIB

Lazismu Kabupaten Cirebon Kirim Bantuan dan Tim Bantu Korban Gempa Sumedang

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Cirebon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
(ilustrasi) logo lazismu muhammadiyah
Foto: tangkapan layar filantropi indonesia
(ilustrasi) logo lazismu muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon melalui Lazismu Kabupaten Cirebon, merespon cepat bencana gempa magnitudo 4.8 yang menghantam Sumedang pada Ahad (31/12/2023). Hal itu dilakukan melalui pengiriman bantuan dan tim ke lokasi terdampak gempa tersebut.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Cirebon, Mohamad Ranudin kepada Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumedang.

Baca Juga

Bantuan simbolis berupa uang tunai dan empal gentong kemasan lima dus dengan total bantuan sebesar Rp 5 juta.

’Kami mengajak para dermawan untuk mengulurkan tangan guna membantu mereka yang terdampak bencana gempa bumi Sumedang. Lazismu sudah menyiapkan kemudahan untuk berdonasi melalui beragam kanal atau bisa langsung ke kantor Lazismu,’’ ujar Ranudin, Rabu (3/1/2024).

Ketua Pimpinan Wilayah Jawa Barat, Ahmad Dahlan, menambahkan, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Barat juga menyikapi kejadian itu dengan mengerahkan potensi relawan yang ada di sekitar lokasi.

‘’Tim dari Lembaga Resilensi Bencana atau MDMC, dan Lazismu Jabar sangat cepat bergerak memberikan layanan terbaik pada korban bencana. Kami sangat berterima kasih kepada tim dan terus mendukung berbagai kebutuhan di lapangan,’’ kata Ahmad, saat meninjau Pos Koordinasi Muhammadiyah di Sumedang.

Aksi kemanusiaan itu juga didukung oleh Lazismu Jawa Barat. Ketua Badan Pengurus Lazismu Jawa Barat, Chafid Seffriyadi menekankan untuk bergerak bersama membantu warga yang terdampak gempa.

’Lazismu berperan sebagai penghimpun dana yang akan disalurkan melalui program Indonesia Siaga, yang bekerja sama dengan MDMC dalam respons tanggap darurat,’’ tutur Chafid.

Chafid pun menghimbau kepada Lazismu di daerah untuk menghimpun dana kebencanaan. Dia menyatakan, Lazismu harus siap siaga mendukung MDMC jika terjadi bencana lain.

Saat ini, Tim MDMC telah mendirikan Pos Koordinasi Muhammadiyah di Klinik Aisyiyah Sumedang. Respon yang telah dilakukan di antaranya berupa assessment dampak bencana, pemasangan tenda komunal dan pendirian tenda darurat untuk warga terdampak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement