Kamis 01 Jul 2021 20:31 WIB

Hewan Liar Babon Serbu Ibu Kota Arab Saudi

Pembangunan membuat habitat alami babon sering diserang.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Hewan Liar Babon Serbu Ibu Kota Arab Saudi. Ilustrasi babon.
Foto:

Babon Hamadryas adalah hewan yang kuat dan agresif, meskipun mereka akan lebih sering menunjukkan sisi ramah ketika primata tersebut membutuhkan makanan. Pejabat di daerah itu bahkan telah memperingatkan warga tidak memberi makan hewan-hewan itu.

Babon mengerumuni dan mencuri makanan sebagai akibat dari aktivitas manusia langsung dan tidak langsung, seperti membuang makanan atau mencari sisa-sisa makanan di taman umum. Begitu pula bila memasak di area yang tidak ditentukan telah menarik populasi babon dan memungkinkan mereka memasuki kota untuk mencari makanan.

Karema semakin seringnya babon berjalan ke kota dan lahan pertanian akhir-akhir ini, membuat warga Saudi mendirikan orang-orangan sawah dalam bentuk binatang liar untuk menakut-nakuti babon. “Mereka pikir mereka telah menemukan ide yang brilian dan belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi mereka tidak tahu mereka sedang berhadapan dengan hewan yang sangat cerdas yang dapat mengantisipasi setiap gerakan,” kata Al-Bouq.

Menurut Al-Bouq, pusat tersebut telah mencoba berbagai macam teknik selama tiga dekade terakhir untuk menjauhkan babon dari batas kota, termasuk mengekspos mereka ke orang-orangan sawah dan suara serta aroma predator. Dia menekankan mereka adalah makhluk yang sangat cerdas.

“Hewan-hewan ini telah ada selama ribuan tahun di Arab dan tidak dapat sepenuhnya terlepas dari wilayah tersebut,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement