Sabtu 12 Jun 2021 03:36 WIB

Bangladesh Menebar Nilai-nilai Islam Melalui 50 Model Masjid

Bangladesh meresmikan 50 model masjid baru.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Masjid Chittagong Bangladesh
Foto:

Pada 5 April 2018, Hasina melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Percontohan dan Pusat Budaya Islam dengan dana senilai 8.722 crore kurs taka.

Pemerintah Bangladesh mengimplementasikan proyek dengan dana sendiri untuk memenuhi janji Hasina yang dibuat dalam manifesto pemilu sebelum pemilu 2014 untuk membangun masjid model di setiap distrik dan upazila negara itu.

Selain itu, 100 model masjid lainnya akan dibuka pada tahap kedua dan ketiga pada 2021, dalam memperingati ulang tahun keseratus Bapak Bangsa Bangabandhu Sheikh Mujibur Rahman.

Setiap model masjid sedang dibangun di atas petak 40-desimal di bawah tiga kategori.

Sebanyak 69 masjid berlantai empat sedang dibangun di kota-kota distrik dan kawasan korporasi kota di bawah Kategori-A, sementara 475 masjid tiga lantai di upazila di bawah Kategori-B dan 16 masjid empat lantai di daerah pesisir.

Sebuah masjid model distrik memiliki ruang yang cukup untuk menampung sekitar 1.200 jamaah untuk sholat secara bersamaan. Sedangkan masjid tingkat upazila dapat menampung 900 jamaah sekaligus.

Masing-masing masjid yang spektakuler itu menelan biaya 15,62 crore kurs taka di kota kabupaten atau kota, dan 13,52 crore kurs taka di daerah upazila serta 13,61 crore kurs taka di daerah pesisir.

Dalam sebuah model masjid sekaligus pusat budaya Islam, terdapat ruang sholat dan tempat wudhu yang terpisah untuk pria dan wanita.

Pusat-pusat tersebut memiliki perpustakaan Islam, sudut penjualan buku Islam, pusat pelatihan dan pra-registrasi untuk calon haji dan Imam, Hifzkhana (tempat Alquran diajarkan dan dihafal oleh siswa), dan kantor Yayasan Islam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement