Jumat 11 Jun 2021 21:41 WIB

Pita Hijau-Ungu Simbol Solidaritas untuk Keluarga Afzaal

Pita kombinasi warna hijau dan ungu jadi simbol dukungan untuk keluarga Afzaal.

Warga menghadiri peringatan keluarga Muslim yang ditabrak di luar Masjid London Muslim, London, Kanada, Selasa (8/6). Polisi mengatakan penabrakan itu didasari kebencian.
Foto:

Pemilihan warna pita bukan tanpa alasan, ungu merupakan warna favorit Yumna Afzaal. Perempuan berusia 15 tahun ini salah satu korban yang meninggal akibat tabrakan tersebut. Pada kejadiaan itu, orangtua dan neneknya juga meninggal.

Sementara, hijau merupakan warna yang terkait dengan Islam dan Pakistan."Pita ini menjadi simbol perlawanan terhadap Islamofobia,"kata Sana.

"Saya percaya, masyarakat London berdiri bersama Muslim. Meski mereka tidak tahu bagaimana cara mengekspresikan secara verbal, namun jika mereka memakainya, kami tahu mereka mendukung kami,"tambah dia.

Ide pita ini bermula ketika guru di sekolah tempat Yumna belajar mengajak teman-temannya mengekspresikan rasa duka.

Dalam sepekan, permintaan pita ini meningkat pesat. Flag Shop, yang menjadi tempat memproduksi itu kewalahan. Muhammad Zeeshan, pemilik Flag Shop bahkan terpaksa memanfaatkan ruangnya untuk tempat produksi sementara.

"Kami telah membuat 600 buah dalam sehari. Saya telah menerima pesanan dari kalangan Muslim dan Non Muslim, ini bagus,"katanya.

 Order pita saat ini sudah mencapai 30 ribu buah. "Kami ingin menunjukan pesan positif, kami satu keluarga di London, kami ingi membantu satu sama lain soal ini,"katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement