Selasa 08 Jun 2021 16:57 WIB

Kanada Kutuk Serangan Islamofobia terhadap Komunitas Muslim

Keluarga Muslim di London, Ontario, Kanada, menjadi korban insiden tabrak lari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Anggota Selamati meletakkan bunga tanda berduka di lokasi penabrakan keluarga Muslim di London, Ontario, Kanada, 7 Juni 2021. Polisi mengatakan serangan tersebut merupakan kejahatan kebencian anti-Islam.
Foto:

Anggota parlemen Liberal Mississauga-Erin Mills Iqra Khalid, meminta pemerintah federal untuk melakukan tiga hal. Pertama, mengutuk Islamofobia dan segala bentuk rasisme dan diskriminasi agama. Kedua, padamkan tingkat kebencian dan ketakutan publik. Ketiga, mendorong Komite Tetap Warisan Kanada untuk mengembangkan pendekatan di seluruh pemerintah guna mengurangi atau menghilangkan rasisme dan diskriminasi agama, termasuk Islamofobia.

Mosi yang tidak mengikat itu terseret dalam perdebatan sengit di Ottawa sebelum akhirnya disetujui. Laporan Komite Tetap Warisan tentang rasisme sistemik, diskriminasi agama, dan Islamofobia disusul pada 2018.

Laporan tersebut diakhiri dengan 30 rekomendasi, termasuk pembuatan rencana aksi nasional yang terkoordinasi, peningkatan pengumpulan data tentang kejahatan rasial, dan pengembangan program pendidikan dan pelatihan baru.

Disadur CBC, Selasa (8/6), anggota parlemen dari Partai Liberal Hedy Fry yang menjadi ketua panitia saat laporan itu ditulis, mengatakan banyak dari rekomendasi tersebut sedang dalam proses untuk dilaksanakan. Hedy menyoroti peningkatan pengumpulan data dan kampanye pendidikan publik sebagai rekomendasi paling penting.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement