Kamis 03 Jun 2021 13:45 WIB

Israel Tangkapi Mahasiswa Palestina, Cara Bungkam Perlawanan

Tindakan keras terhadap para aktivis mahasiswa sering terjadi selama musim ujian.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Israel Tangkapi Mahasiswa Palestina, Cara Bungkam Perlawanan. Tentara Israel menyerang Gaza.
Foto:

Dia menjelaskan, setiap jenis perilaku atau vokalisasi perlawanan terhadap aturan kolonial menjadi ancaman dan setiap siswa yang mengambil bagian itu akan ditangkap. Israel secara teratur menangkap mahasiswa dari universitas Tepi Barat seperti Birzeit dan Universitas Nasional An-Najah karena berpartisipasi dalam kegiatan politik.

Banyak dari mereka dipenjara selama berbulan-bulan di bawah berbagai perintah militer yang bahkan melarang mengekspresikan pandangan politik atau membagikan brosur menentang pendudukan Israel. Tindakan keras terhadap para aktivis mahasiswa sering terjadi selama musim ujian. Ini berarti, mereka yang dikirim ke penjara akan kehilangan tahun akademik.

“Sama seperti sekarang ketika ada masa ujian, Anda akan melihat lebih banyak penangkapan. Israel ingin menciptakan efek teror pada badan mahasiswa yang memainkan peran utama dalam perlawanan. Idenya adalah menanamkan rasa takut,” ujar dia.

Universitas Birzeit mengatakan Ruba dan Lyan yang merupakan sarjana sosiologi dan Shahtha mahasiswa ilmu komputer, tidak akan dapat mengikuti kuliah dan tidak dapat mengikuti ujian dari penjara. Pasukan Israel telah menangkap 455 mahasiswa Universitas Birzeit dalam 10 tahun terakhir. Banyak dari mereka ditahan selama berbulan-bulan sebelum dimulainya pengadilan militer yang hampir selalu berakhir dengan hukuman penjara.

Dilansir TRT World, Kamis (3/6), Israel menggunakan seperangkat hukum yang berbeda untuk memperlakukan orang Israel dan Palestina. Jika seorang warga Palestina mencuri, dia diadili di pengadilan militer. Namun, seorang Israel harus menjawab di hadapan hakim sipil untuk kejahatan yang sama.

Tepi Barat, yang merupakan rumah bagi sekitar 2,6 juta warga Palestina telah berada di bawah kekuasaan militer Israel sejak 1967. Bahkan, warga Israel yang tinggal di permukiman ilegal harus secara teknis hidup sesuai dengan aturan dan kode militer. Namun, pada kenyataannya itu tidak terjadi.

https://www.trtworld.com/magazine/how-israeli-military-courts-jeopardise-the-future-of-palestinian-students-47190

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement