Jumat 28 May 2021 06:27 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Memohon Kebaikan

Ilmu, rezeki, dan amal ibadah adalah tiga hal yang baik dan mendatangkan pahala.

Naskah Khutbah Jumat: Memohon Kebaikan. Seorang Palestina berdoa selama sholat Jumat terakhir bulan suci Ramadhan di Masjid Dome of the Rock di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Yerusalem, Jumat, 7 Mei 2021.
Foto:

Rizki terbagi kepada dua, yakni rizki yang nampak pada badan seperti kekuatan, dan yang tersembunyi pada hati dan pikiran seperti seperti kearifan dan ilmu pengetahuan. Hujan yang menumbuhkan berbagai macam tanaman pun adalah rizki yang disiapkan Allah bagi umat manusia.

Terakhir adalah permohonan agar amal ibadah diterima. Amal ibadah yang diterima adalah amal yang dikerjakan hanya karena untuk mendapat balasan dari Allah saja.

Sedangkan setiap amal ibadah yang dimaksudkan selain kepada Allah tak akan mendapatkan balasan apapun di akhirat. Ia hanya akan mendapat balasan dari apa yang ia maksudkan selama hidup di dunia, sedangkan di akhirat kelak termasuk orang yang bangkrut. Ia mengira telah mempersiapkan bekal yang banyak untuk akhirat, namun ternyata amal ibadahnya itu tak berbuah pahala.

Oleh karena riya itulah amal ibadah menjadi sia-sia. Namun demikian bukanlah berarti seorang harus memilih untuk tidak berbuat kebaikan karena takut riya.

Karena bila kebaikan itu dimaksudkan dengan ikhlas, maka riya akan terkikis sedikit demi sedikit. Orang yang baru pertama memulai shalat jamaah di masjid, barangkali ada sedikit maksud untuk riya.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement