Ahad 23 May 2021 03:28 WIB

Bagaimana Medsos India Pakai Isu Palestina Sudutkan Islam?

Akvitivis media sosial di India jadikan isu Palestina untuk menyerang Islam

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah
Akvitivis media sosial di India jadikan isu Palestina untuk menyerang Islam. Ilustrasi media sosial
Foto:

Dalam satu contoh, sebuah gambar yang merujuk pada seorang penguasa Maratha, seorang tokoh populer di kalangan nasionalis Hindu, memotong tangan seorang tukang daging Muslim diposting dengan teks, "Oh Hindu. Selalu Ingat, Beginilah cara Hindu tetap hidup" yang tidak salah lagi seruan untuk kekerasan terhadap Muslim.

Analisis data eksklusif oleh First Draft menunjukkan bahwa upaya yang sangat terkoordinasi digunakan untuk memperkuat tagar #UnitedAgainstJehad untuk mencoba dan memengaruhi diskusi tentang topik yang sensitif secara politik di India.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, kampanye astroturfing tidak selalu mengandalkan penggunaan bot.  Baik otomatis atau tidak, akun yang terlibat dalam jaringan Twitter yang mendorong tagar #Unitedagainstjehad digunakan untuk memperkuat konten Islamofobia sayap kanan secara artifisial. 

Beberapa akun di jaringan bahkan menyertakan hashtag #Unitedagainstjehad di biodata Twitter mereka, banyak yang memasukkan referensi nasionalis Hindu. Lebih dari 1.000 termasuk huruf H (# ह).   

Setidaknya 266 akun menggunakan tagar #teamhinduunited dan lebih dari 150 akun merujuk ke RSS, sebuah organisasi paramiliter sayap kanan yang memiliki tautan ke partai BJP. 

Dalam beberapa jam, suka dan berbagi mengalir deras dan pada 13 Mei, tagar ini telah muncul lebih dari 11 ribu kali, menghasilkan hampir 70 ribu interaksi di Twitter. 

Banyak akun juga menerbitkan teks yang identik, yang dikenal sebagai kampanye "copypasta".  Contoh copypasta dalam kumpulan data termasuk pengulangan hashtag serta ratusan akun unik yang memposting pesan identik. 

Kampanye terkoordinasi semacam itu sangat efisien dalam meningkatkan keunggulan tagar atau pesan; semakin banyak suka dan membagikan hashtag, semakin besar kemungkinan tagar tersebut disukai oleh algoritme Twitter dan semakin meningkatkan penyebarannya. 

Taktik semacam itu menjadi semakin umum di India, terutama di kalangan sayap kanan. Februari ini, Newslaundry menganalisis kampanye media sosial yang dipimpin oleh seorang pemimpin BJP yang dituduh menghasut serangan terhadap Muslim di Delhi.   

Ini mengungkapkan kampanye yang sangat terorganisasi di Telegram dan tweet yang telah ditulis sebelumnya yang dapat dengan mudah diposting oleh pengguna individu dalam satu klik. 

Penyebaran tagar #UnitedAgainstJehad menawarkan gambaran sekilas tentang skala potensial dan tujuan dari kampanye gangguan informasi terorganisir yang semakin terlihat di India. 

India telah berada di garis depan medan perang informasi online sejak awal konflik terbaru di Israel dan Palestina, dengan tagar dan akun India di antara yang paling aktif dalam mendukung kedua belah pihak di Twitter dan Facebook. 

#IndiaStandsWithIsrael dan #IndiaStandsWithPalestine adalah dua tagar teratas yang digunakan di lebih dari 300 ribu cuitan yang dianalisis sebagai bagian dari percakapan Israel dan Palestina di media sosial di seluruh dunia. 

Dengan skala percakapan keseluruhan tentang Israel dan Palestina, jaringan #UnitedAgainstJehad harus dipahami dalam konteks yang lebih luas, yakni upaya aktif untuk menyebarkan kesalahan dan disinformasi yang berbahaya tentang komunitas Muslim India. 

 

 

Sumber: firstdraftnews 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement