Jumat 14 May 2021 16:14 WIB

Muslim Palestina dan Uighur Rayakan Id di Tengah Konflik

Muslim di Palestina sholat Idul Fitri di tengah suasana mencekam.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Palestina dan Uighur Rayakan Id di Tengah Konflik. Jamaah Palestina mempraktikkan social distancing saat melakukan sholat Idul Fitri di sebuah masjid di kota Ramallah Tepi Barat,  Kamis (13/5).
Foto:

Di Palestina terjadi bentrokan di Israel dan Jalur Gaza telah meningkat dan menyebabkan sedikitnya 67 orang tewas di Gaza dan tujuh di Israel. Utusan perdamaian Timur Tengah PBB memperingatkan kekerasan terbaru itu meningkat menuju perang skala penuh dan sangat prihatin dengan masalah yang sedang berlangsung.

Kerusuhan meningkat di Israel dan Gaza dalam beberapa pekan terakhir menyusul konfrontasi kekerasan antara polisi Israel dan pengunjuk rasa Palestina di Yerusalem dan perselisihan berkepanjangan atas penggusuran keluarga Palestina dari Yerusalem Timur demi kepentingan pemukim Yahudi.

Hamas dan Jihad Islam menembakkan lebih dari 1.000 rudal dalam 48 jam pertama. Rata-rata satu rudal setiap tiga menit dan memiliki cukup rudal untuk menjaga pemboman berlangsung selama dua bulan.

Pembalasan Israel termasuk ratusan serangan udara di Gaza, yang dipimpin oleh pembom siluman F-35 dan helikopter serang Apache, yang diketahui telah menewaskan 32 orang dan melukai lebih dari 300. Israel mengatakan sebagian besar yang tewas adalah teroris dan bersikeras anak-anak yang terbunuh adalah korban roket Palestina nyasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement