Rabu 12 May 2021 18:20 WIB

Khutbah Idul Fitri: Memaknai Fitrah Menuju Indonesia Maju

Khutbah Idul Fitri KH Nurul Badrut Tamam mendudukkan makna fitrah

Khutbah Idul Fitri KH Nurul Badrut Tamam mendudukkan makna fitrah. Ilustrasi sholat idul fitri
Foto:

Budaya tilawah Alquran di bulan Ramadhan, kita biasakan membaca Alquran supaya jangan pernah terputus. Memang suasananya telah berbeda. Tapi, itu seperti di ces. Cerger kita sekuat-kuatnya dengan amalan-amalan yang membuat kokoh iman kita. Budaya rajin ke masjid sewaktu shalat tarawih sebulan Ramadhan, jadikan shalat tepat waktu berjamaah.

Begitupun, tiada hari tanpa sedekah terus kita terapkan di luar bulan suci tersebut. Semoga, kita keluar dari kepompong Ramadhan ini sebagaimana layaknya ulat yang baru berubah menjadi kupu-kupu yang cantik dan indah. Semoga kita telah bermetamorfosa dari lumpuran dosa menjadi pribadi yang fitri kembali, laksana seorang bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibunya.

Semoga Allah menyingkapkan tabir di hati kita, sehingga kegelapan di hati ini terganti dengan kejernihan hati yang bercahaya. Dan hari-hari kita yang tersisa menjadi hari-hari yang semakin akrab dengan kehangatan kasih-Nya, sehingga kita dapat merasakan indahnya hidup dekat dengan Allah SWT. 

Momentum Idul Fitri yang suci ini pula benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan baru masyarakat kita yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlakul karimah, kebersamaan dan kasih sayang guna mewujudkan Indonesia yang maju, berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berperadaban. Selamat hari raya Idul Fitri 1442 H, semoga kita benar-benar dapat meraih derajat takwa. Amin ya mujibassailin.

Demikian khutbah singkat ini, semoga bermanfaat, dan mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjauhkan kita dari virus Corona atau apa pun, termasuk virus angkuh yang menutup diri kita untuk senantiasa ikhitar secara fisik dan spiritual, serta bertawakal kepada Allah.

جَعَلَنَا الله ُوَإِيَّاكُمْ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ الآمِنِيْنَ. وَأَدْخَلَنَا وَإِيَّاكُمْ فِىعِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ.

 

KHUTBAH II

أَللهُ أَكْبَرُ X7

أَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَّالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَّسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَّأَصِيْلاً. لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ. أَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ اَلْحَمْدُ ِللهِ أَحْمَدُهُ وَسُبْحَانَهُ وَتَعَالَىعَلَى نِعَمِهِ الْغِزَارِ. أَشْكُرُهُ عَلَى قِسَمِهِ الْمِدْرَارِ. وَأَشَهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأَشَهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ النَّبِىُّ الْمُخْتَارُ. صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ اْلأَطْهَارِ وَأَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ. وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

أَمَّا بَعْدُ : فَيَا عِبَادَ اللهِ اتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ. وَانْتَهُوا عَمَّا نَهَى اللهُ عَنْهُ وَحَذَّرَ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ تَعَالَى صَلَّى عَلَى نَبِيِّهِ قَدِيْمًا.

 فَقَالَ تَعَالَى: إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِىِّ. يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْخَلْقِ صَاحِبِ الْوَجْهِ اْلأَنْوَارِ. وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ كُلِّ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ. وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاءِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

Marilah pada khutbah kedua ini, kita bersama-sama panjatkan doa, dengan hati yang khusyuk dan pikiran yang jernih memohon kepada Allah SWT di hari yang penuh berkah ini.

أَعُوْذُ باِللهِ مِنَ الشَّيْطاَنِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. اْلأَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ. اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَقِرَآءَتَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَسْبِيْحَنَا وَتَهْلِيْلَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَلاَ تَضْرِبْ بِهَا وُجُوْهَنَا يَا إِلَهَ الْعَالَمِيْنَ. وَيَا خَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكِ يَا أَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ  

Ya Allah ya Tuhan kami Yang Mahapengampun. Ampunilah kami, ampuni kedua orang tua kami dan para pemimpin bangsa kami, terimalah puasa Ramadhan kami, serta ibadah kami dengan mendapat ridho daripada-Mu Ya Allah.

Ya Allah ya Tuhan kami yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang. Limpahkanlah petunjuk dan bimbingan-Mu kepada para pemimpin dan seluruh rakyat bangsa kami, agar bangsa kami dapat terhindar dari berbagai hal musibah dan selalu mendapat berkah serta rahmat dari-Mu Ya Allah.

Ya Allah, ampunilah segala dosa kami, baik yang kecil maupun yang besar, yang terdahulu maupun yang akan datang, serta yang tersembunyi maupun yang terlihat.

Ya Allah, sesungguhnya kami telah mendzalimi diri kami, jika Engkau tidak mengampuni dan mengasihi, niscaya kami akan menjadi orang-orang yang merugi.

Ya Allah ya Tuhan kami, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman, tentram, baldatun thoyyibatun gemah ripah lohjinawi, dan semoga Engkau segera angkat virus corona ini dari negeri kami.

Ya Allah ya Tuhan kami, terimalah amal bakti pengabdian kami dan perkenankanlah permohonan kami, hanya kepada-Mu lah ya Allah kami senantiasa berserah diri. Hanya ini yang dapat kami sampaikan, kami mohon ampunan-Mu Ya Allah,  untuk kita dan seluruh kaum Muslimin dari segala dosa. 

رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفىِ اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ. أَللهُ أَكْبَرُ X3. لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلِلّهِ الْحَمْدُ

Semoga Allah SWT senantiasa berkenan membimbing kita semua agar tergolong hamba-hambanya yang mampu menahan diri sehingga menjadi pribadi yang selalu tumbuh untuk meraih sertifikat orang-orang yang berhasil mempertahankan kesucian diri dan memperoleh kemenangan di hari yang agung ini, berkenan mencurahkan hidayah dan ma’unah-Nya kepada bangsa Indonesia serta umat Islam pada umumnya untuk senantiasa mengamalkan syariat-Nya dan menghidupkan sunnah Rasul-Nya.

وَ ا لـسَّـلاَمُ عَـاَـيْـكُـمْ وَرَحْـمَـةُ اللَّهِ وَبَـرَكَا تُـةُ 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement