Senin 10 May 2021 19:15 WIB

Kisah Robert Saleh, Pelatih Muslim Pertama di NFL

Robert Saleh jadi pelopor pelatih Muslim di NFL.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
The New York Jets mengatakan mereka menunjuk Robert Saleh sebagai pelatih kepala mereka, Jumat (15/1). Penunjukan itu menjadikannya Muslim pertama yang memimpin tim di National Football League (NFL).
Foto:

Awalnya bergabung dengan Houston Texans pada tahun 2005, kemudian membuka pintu untuk peluang pelatihan lebih lanjut saat ia menikmati tugas sebagai asisten pelatih di Seattle dan Jacksonville sebelum dipekerjakan oleh San Francisco sebagai koordinator pertahanan pada tahun 2017.

Menjelang Super Bowl tahun lalu ketika 49ers bersiap untuk menghadapi Kansas City Chiefs, Saleh berbicara kepada Washington Post tentang arti kehadirannya di puncak tontonan olahraga Amerika. Dia menelusuri asal-usul keluarganya kembali ke kakek Lebanonnya yang imigran dan bagaimana generasi itu bekerja di lantai perakitan pabrik tanpa bisa maju karena kendala bahasa.

"Bagi saya memiliki kesempatan untuk melatih, dan membuat jejak lain, itu bagus, itu sangat keren," katanya.

Dalam artikel yang sama, Dawud Walid, direktur eksekutif CAIR cabang Michigan, menyoroti pentingnya dampak budaya Saleh. “Dunia olahraga mungkin memiliki pengaruh yang jauh lebih besar pada budaya pop daripada pengaruh lainnya,” kata Walid.

“Jadi, pelatih Saleh melakukan apa yang dia lakukan, dan afiliasinya dengan NFL dan memiliki profil tinggi, akan memiliki pengaruh, banyak dari kita percaya, tentang bagaimana sejumlah orang Amerika mungkin akan memandang Muslim dari sudut pandang yang berbeda," ujarnya. 

 

Sambil bersiap untuk menghadirkan kehebatan skematis dan kehadirannya yang lebih besar dari kehidupan untuk menghidupkan kembali waralaba New York yang dulu terkenal, Saleh telah membuat Dearborn dan Muslim di seluruh Amerika sangat bangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement