Rabu 05 May 2021 05:31 WIB

Terinspirasi Mohamed Salah, Ben Bird Peroleh Hidayah Islam

Ben Bird mengaku terinspirasi pribadi Mohamed Salah

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Striker Liverpool Mohamed Salah merayakan setelah mencetak gol 2-1 selama pertandingan sepak bola leg pertama perempat final Liga Champions UEFA antara Real Madrid dan Liverpool FC yang diadakan di stadion Alfredo Di Stefano, di Madrid, Spanyol tengah, 6 April 2021.
Foto:

Bird sempat berpikir, Salah mencetak gol karena iman. Ketika dia memenangkan Liga Champions, itu adalah kemenangan bagi Islam. "Setelah mencetak gol, Salah sujud dan memperlihatkan simbol yang sangat Islami kepada dunia. Berapa banyak orang yang menonton Liga Inggris setiap pekan? Jutaan secara global!" ucapnya.

"Salah menunjukkan kepadaku bahwa aku bisa menjadi normal dan Muslim. Aku bisa menjadi diri sendiri. Dia pemain hebat dan dihormati oleh komunitas sepak bola dan politik, agama, dan bagi saya itulah yang bisa dilakukan sepak bola," paparnya.

"Ketika orang membaca Alquran, atau membaca tentang Islam, mereka melihat sesuatu yang berbeda yang tidak selalu digambarkan di media. Aku baru mengenal komunitas Islam dan masih belajar. Memang susah dan ini adalah perubahan gaya hidup," katanya menambahkan. 

Bird menyesalkan sikap dirinya yang dulu, ketika masih membenci Islam. "Sejujurnya, aku memukul sosok diriku yang dulu dan berkata, 'Hei, berani-beraninya berpikir seperti itu. Kamu perlu berbicara dengan orang lain dan harus berkata bahwa kita hidup dalam masyarakat multikultural, multiagama, dan multinasional'," ucapnya.

Bird juga teringat musim lalu, ketika fan Chelsea menyanyikan "Salah is a bomber". Dia sangat marah karena Muslim adalah saudara baginya. "Sekarang, aku akan berkata kepada anak-anak Muslim, 'Jangan takut pergi ke pertandingan sepak bola.' Aku takut dipisahkan dan tidak ingin kehilangan teman karena aku memandang mereka sebagai saudara."

"Sekarang aku memiliki seperlima dari populasi dunia sebagai saudara laki-laki dan perempuan. Dan, komunitas ini memang harus beragam, ada yang bermain sepak bola, dan pergi ke sepak bola. Sadari bahwa kita berada dalam keadaan ini bersama-sama. Dan juru bicara terbaik untuk itu adalah Mohamed Salah," tuturnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement